Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:31 WIB | Jumat, 10 Juni 2016

Niger Kerja Sama Chad Atasi Boko Haram

Sebuah mobil kelebihan muatan melintas di kamp pengungsi Assaga di Diffa pada 17 Mei 2016, dekat perbatasan Niger-Nigeria. Kepala Operasi Kemanusiaan PBB Stephen O'Brien berjanji akan menambah dana pada KTT Kemanusiaan Dunia mendatang guna membantu 240 ribu pengungsi yang mengungsi akibat serangan Boko Haram di beberapa kamp di tenggara Niger. (Foto: AFP)

NIAMEY, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 2.000 tentara Chad dikirim ke Niger menjelang operasi melawan kelompok ekstremis Boko Haram.

Chad merupakan salah satu kekuatan utama dalam koalisi militer melawan Boko Haram yang menebar teror ke sejumlah negara tetangga dari basis utama mereka di Nigeria Utara.

“Kami bersama Chad sedang mempersiapkan operasi di Nigeria Utara. Operasi sedang dalam persiapan dan dipercepat,” kata Menteri Pertahanan Niger, Hassoumi Massaoudou dalam konferensi pers di ibu kota Niger, Niamey, hari Jumat (10/6).

Boko Haram pada hari Jumat (3/6) menyerang pos militer di Bosso, daerah Diffa, Niger dan menewaskan 26 tentara termasuk dua tentara Nigeria.

Pasukan militer dari Nigeria dan Kamerun juga akan diterjunkan. Pada Rabu (8/6), sebanyak 2.000 tentara Chad tiba di Niger, menurut keterangan pejabat keamanan setempat.

Operasi akan dimulai di wilayah tenggara Niger, menurut pernyataan jenderal militer Niger Lamidi Adeosun, selaku kepala koalisi militer yang beranggotakan pasukan dari keempat negara.

Massaoudou menjelaskan pasukan Niger dan Chad akan segera turun tangan sementara Nigeria akan melancarkan operasi dari wilayah selatan negara tersebut dan Kamerun bergerak dari sisi timur, operasi tersebut bertujuan memerangi organisasi yang telah menculik gadis-gadis dari sebuah asrama sekolah Kristen di desa Chibok, Nigeria pada 2013. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home