Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 13:02 WIB | Jumat, 17 November 2023

Bersaing dengan AS, Presiden China Gelar Pertemuan dengan Negara Indo-Pasifik

Presiden China, Xi Jinping, pada KTT APEC di San Fransisco, AS, Kamis (16/11). (Foto: AP/Jeff Chiu)

SAN FRANCISCO, SATUHARAPAN.COM-Presiden China, Xi Jinping, yang baru saja menyelesaikan pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mendekati para pemimpin Indo-Pasifik dalam kesibukan pertemuan pada hari Kamis (16/11) di saat persaingan yang semakin ketat dengan Amerika Serikat.

Xi mengadakan pembicaraan individu dengan para pemimpin Meksiko, Peru dan Fiji, dan ia merencanakan sesi berikutnya dengan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, semuanya di sela-sela pertemuan puncak negara-negara Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik.

Dalam pertemuan dengan Presiden Peru, Dina Boluarte, Xi mengatakan kedua negara harus memperkuat kerja sama ekonomi dan perdagangan dan menjanjikan dukungan China terhadap Peru sebagai tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin APEC tahun depan.

Secara khusus, kata Xi, China akan bersedia mengimpor lebih banyak produk pertanian “premium” dari negara Amerika Selatan tersebut dan akan mendorong dunia usaha China untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek besar di Peru.

Sebelumnya, Xi mengadakan pembicaraan dengan Andres Manuel Lopez Obrador, memuji presiden Meksiko atas kepemimpinan dan upaya reformasinya serta berjanji untuk membawa hubungan China-Meksiko ke tingkat yang baru. Pertemuan itu diyakini sebagai pertemuan tatap muka pertama antara kedua pria tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk memperdalam kerja sama dalam upaya pemberantasan narkotika.  Chinadan Amerika Serikat pada hari Rabu mengatakan keduanya akan bekerja sama untuk membendung aliran prekursor fentanil ke negara-negara seperti Meksiko sebelum obat tersebut habis dan diselundupkan ke Amerika.

Xi mengatakan kedua negara harus berkolaborasi dalam industri seperti infrastruktur, keuangan dan kendaraan listrik, sementara Lopez Obrador mengatakan Meksiko akan memperlancar jalan bagi perusahaan China yang berinvestasi di Meksiko.

Pemimpin Meksiko itu juga mengatakan negaranya bersedia bekerja sama dengan China dalam urusan multilateral dan membantu meningkatkan hubungan antara China dan Amerika Latin, menurut media pemerintah China.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan China, yang dihadapkan pada tarif dan pembatasan lain dari pemerintah AS, telah memindahkan sebagian produksinya ke Meksiko. Xi menyatakan simpatinya kepada mereka yang terkena dampak Badai Otis dan mengatakan China membuat pengaturan darurat bagi Meksiko untuk mendapatkan pasokan bantuan.

Presiden Meksiko memposting di X tak lama setelah pertemuannya dengan Xi bahwa kedua pemimpin “menegaskan kembali komitmen untuk terus menjaga hubungan baik demi kepentingan rakyat dan negara kita.”

Xi juga bertemu dengan Perdana Menteri Fiji, Sitiveni Rabuka. Xi mengatakan Beijing memperlakukan Fiji sebagai “teman baik dan mitra yang baik” di Dunia Selatan, yang secara kasar mengacu pada negara-negara berkembang.

Xi menghabiskan empat jam dengan Biden pada hari Rabu, pertemuan tatap muka pertama mereka dalam setahun. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home