Loading...
DUNIA
Penulis: Kartika Virgianti 18:40 WIB | Selasa, 19 Agustus 2014

Besarkan Anak di AS Perlu Miliaran

Ilustrasi biaya membesarkan anak. (Foto: huffingtonpost.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Bukan hal mengherankan membesarkan seorang anak dapat menjadi beban keuangan keluarga. Namun mengetahui biaya untuk membesarkan seorang anak di Amerika Serikat (AS) akan lebih mencengangkan lagi.

Berdasarkan laporan terbaru dari Departemen Pertanian AS (USDA), biaya rata-rata membesarkan anak yang lahir pada tahun 2013 sampai usia 18 untuk keluarga berpenghasilan menengah di Amerika Serikat adalah sekitar US$ 245.340 sampai US$ 304.480 (sekitar Rp 2,9-3,5 miliar).

Sedangkan biaya tahunan diperkiraan 1,8 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Jumlah tersebut masih akan disesuaikan dengan inflasi yang diproyeksikan.

Nilai tersebut setara dengan kira-kira $ 12.800 - $ 14.970 (Rp 149-175 juta) per anak per tahun untuk keluarga dengan ayah dan ibu yang berpenghasilan tahunan rata-rata antara US$ 61.530 (Rp 718 juta) sampai US$ 106.540 (Rp 1,2 miliar).

Biaya tahunan dapat bervariasi berdasarkan faktor-faktor seperti usia anak, jumlah anak dalam keluarga dan pendapatan keluarga dan wilayah tempat tinggal.

“Dalam kondisi perekonomian saat ini, penting untuk mengetahui informasi sebanyak mungkin dalam merencanakan masa depan. Selain itu, perlu juga mengetahui indikasi biaya hidup keluarga dan anak mereka. Laporan ini merupakan informasi penting bagi pemerintah negara bagian dalam membuat pedoman pengasuhan dan pembiayaan anak,” kata Sekretaris Layanan Pangan dan Gizi USDA, Kevin Concannon dalam sebuah pernyataan tertulis yang dikeluarkan bersama laporan tersebut.

Biaya yang disebutkan di atas meliputi perumahan sekitar 30 persen dari total biaya membesarkan anak, penitipan anak dan pendidikan 18 persen dan makanan 16 persen. Biaya terbesar selanjutnya adalah transportasi, perawatan kesehatan, belanja pakaian dan lain-lain. Sedangkan biaya kuliah, kehamilan atau biaya lainnya setelah anak usia 18 belum diperhitungkan.

Berdasarkan laporan tahun 1960, diketahui bahwa sejak dulu perumahan memang merupakan beban terbesar bagi keluarga, tidak jauh berbeda seperti saat ini.

Untuk memperkirakan berapa banyak biaya membesarkan anak, USDA juga memiliki layanan kalkulator yaitu USDA's "Cost of Raising a Child" calculator  atau biaya membesarkan seorang anak. (huffingtonpost.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home