Loading...
EKONOMI
Penulis: Martha Lusiana 19:54 WIB | Selasa, 19 Mei 2015

BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Meningkat

Gedung Bank Indonesia, Jakarta. (Foto: dok. satuharapan.com/Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Meski pertumbuhan ekonomi Tanah Air pada triwulan pertama 2015 ini tercatat mengalami perlambatan, Bank Indonesia (BI) memperkirakan akan mengalami peningkatan pada triwulan-triwulan mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur BI, Agus DW Martowardojo, didampingi seluruh Deputi Gubernur BI  saat konferensi media di Gedung BI, Jakarta, Selasa (19/5).

Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada tingkat 4,7% (yoy). Angka tersebut melambat dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 5,0% (yoy).

BI menilai, lemahnya konsumsi pemerintah dan investasi pada sektor pembangun menjadi pendorong kondisi ekonomi Indonesia yang melambat.

Belum terealisirnya belanja di beberapa kementerian/lembaga yang baru, serta masih terbatasnya belanja modal terkait implementasi proyek-proyek infrastruktur mengakibatkan lemahnya kinerja konsumsi pemerintah dan investasi bangunan,” ujar Martowardojo.

Ia melanjutkan, perlambatan ekonomi pada triwulan pertama tahun ini terjadi hampir merata di seluruh wilayah Indonesia, baik di wilayah Jawa yang mengandalkan sektor manufaktur, maupun wilayah Sumatera dan Kalimantan, daerah penghasil komoditas sumber daya alam.

Meski demikian, BI optimistis Indonesia akan mengalami pertumbuhan ekonomi pada semester kedua seiring meningkatkan konsumsi dan investasi melalui realisasi pengeluaran fiskal oleh pemerintah dan penyaluran kredit oleh perbankan yang semakin tinggi.

“Ke depan, percepatan realisasi belanja pemerintah di kementrian/lembaga dan implementasi proyek-proyek infrastruktur menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi 2015,” ujar Martowardojo.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home