Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:58 WIB | Minggu, 22 Desember 2019

BKSDA Agam Temukan Bunga Langka Rhizanthes lowii

Knop bunga Rhizanthes lowii ditemukan di kawasan Danau Maninjau, tepatnya di Kubuak, Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matur, Sabtu (21/12/2012). (Foto: Antara/Yusrizal)

AGAM, SATUHARAPAN.COM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam menemukan bunga langka jenis Rhizanthes lowii di kawasan Danau Maninjau, tepatnya di Kubuak, Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam Ade Putra mengatakan bahwa petugas balai konservasi menemukan puluhan knop bunga Rhizanthes lowii dengan berbagai ukuran.

"Kami juga menemukan bunga Rhizanthes lowii setelah fase mekar sempurna beberapa minggu lalu, karena kelopak bunga sudah berwarna hitam. Di sekitar lokasi kita juga menemukan bunga bangkai jenis Amorphophallus variabilis enam vegetatif dan dua sedang mekar sempurna," katanya di Lubuk Basung, Agam, Minggu (22/12).

Menurut dia, petugas balai konservasi menemukan bunga Rhizanthes lowii, yang sebagaimana bunga Rafflesia termasuk dalam famili Rafflesiaceae, saat menelusuri hutan lindung di sekitar Danau Maninjau untuk mencari keberadaan Bunga Rafflesia setelah mendapatkan laporan dari warga sekitar.

Saat menelusuri hutan lindung itu, petugas BKSDA Resor Agam menemukan knop bunga langka yang tumbuh pada akar tanaman.

"Ini penemuan ke tiga kami," kata Ade Putra.

Dia menjelaskan, sebelumnya tumbuhan bunga parasit itu ditemukan di Kubu, Jorong Panji, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjungraya dan Data Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjungraya. 

Rhizanthes lowii memiliki kemiripan karakter fisik dengan bunga Rafflesia, yaitu tidak memiliki batang, akar, daun, dan klorofil. Tumbuhan itu tidak dapat melakukan fotosintesis sehingga bergantung kepada inang untuk mendapatkan makanan.

Tumbuhan yang biasa hidup di daerah dengan ketinggian 500-1300 mdpl itu antara lain ditemukan di Pulau Sumatra, khususnya Sumatra Barat, tempat tumbuh Rhizanthes deceptor, Rhizanthes lowii, dan Rhizanthes infanticida. Kerusakan habitat mengancam kelestarian tumbuhan bunga langka tersebut. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home