Loading...
MEDIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:10 WIB | Rabu, 13 Mei 2015

Blogger Remaja Amos Yee Dibebaskan dengan Uang Jaminan

Blogger remaja asal Singapura Amos Yee (tengah). (Foto: straitstimes.com)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM - Blogger remaja asal Singapura Amos Yee dibebaskan dari hukuman setelah orang tuanya membayar uang jaminan 10.000 dolar Singapura pada Selasa (12/5) sore. Selasa paginya, dia dinyatakan bersalah karena mengunggah gambar cabul dan membuat komentar yang menyakiti perasaan orang Kristen dan divonis hukuman percobaan.

Selain hukuman percobaan, Amos Yee diwajibkan mengikuti pelatihan atau konseling agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Saya tidak tahu apakah aku harus merayakan pembebasan saya atau berkabung atas hukuman saya," kata Amos Yee usai menjalani 18 hari masa penahanan seperti diberitakan smh.com.au, Rabu (13/5).

Jaksa setuju dengan uang jaminan menjadi 10.000 dolar Singapura atau sekitar Rp 98 juta. Namun, dengan uang jaminan tersebut ia harus menghapus video yang dia unggah di YouTube dan dilarang mengunggah tulisan di online.

Seperti diberitakan sebelumnya, Yee ditangkap aparat keamanan setempat karena memposting video di YouTube yang berisi pernyataan yang penuh sumpah serapah dan menyerang mendiang pemimpin pendiri negara itu, Lee Kuan Yew, dan kekristenan.

Pada 3 Maret, dia didakwa melakukan pelanggaran, termasuk menyakiti perasaan keagamaan, dan diancam hukuman penjara maksimal tig tahun. Amos Yee, remaja itu adalah seorang pelajar, dan dia mendengarkan dakwaan dibaca di sebuah pengadilan distrik. (straitstimes.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home