Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:04 WIB | Jumat, 11 Desember 2015

BMKG Sosialisasikan Perubahan Iklim pada Siswa SMP

Siosisalisasi perubahan iklim pada siswa SMP. (Foto: bmkg.go.id)

TANGERANG, SATUHARAPAN.COM  - Berbagai kejadian cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini merupakan salah satu indikasi adanya perubahan iklim, yang ke depan pastinya mengancam bumi dan manusia. Oleh karena itu, kita harus mulai melakukan perubahan gaya hidup, dan mulai melakukan hal-hal yang bisa mengurangi efek rumah kaca, yang merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam perubahan iklim di bumi ini.

BMKG, sebagai instansi pemerintah yang memberikan informasi mengenai Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, tentunya menjadi salah satu jajaran terdepan dalam memberikan informasi mengenai perubahan iklim pada masyarakat, salah satunya generasi muda. Karena nantinya para generasi muda inilah yang akan meneruskan keberlangsungan bumi. Oleh karena itu, kemarin, Kamis (10/12) BMKG melalui Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara Kedeputian Bidang Klimatologi, mengadakan `Sosialisasi Informasi Perubahan Iklim` di Gugus 05 SMP Kabupaten Tangerang.

Acara sosialisasi ini, diikuti oleh perwakilan siswa dari seluruh SMP yang ada di Gugus 05 Kabupaten Tangerang. Sekitar 100 siswa berkumpul bersama di SMPN 1 Tigaraksa Tangerang, untuk mendapatkan tambahan informasi mengenai perubahan iklim, dan dan cuaca serta cara penanggulangannya.

Sebelum sosialisasi dimulai, para siswa diberikan tes singkat, untuk mengetahui seberapa jauh mereka mengenal perubahan iklim yang terjadi saat ini.

Setelah itu mereka barulah diberikan informasi mengenai perubahan Iklim, mengenal cuaca serta mengenai apa itu efek rumah kaca. Setelah diberikan informasi oleh BMKG, para siswa kembali di tes untuk mengetahui seberapa jauh mereka mengerti mengenai materi sosialisasi. Hasilnya sangat memuaskan. Para siswa SMP menjadi lebih tahu dan mengenal cuaca, iklim, apa itu efek rumah kaca dan perubahan iklim serta antisipasi dampak yang ditimbulkannya.

Drs Nasrullah, Kepala Bidang Informasi Perubahan Iklim menyampaikan kegembiraannya, atas antusiasme para siswa SMP, dalam mengikuti sosialisasi.

Beliau juga berharap agar para siswa jangan hanya sekedar tahu mengenai perubahan iklim yang terjadi belakangan ini, tapi juga harus ikut memberikan sumbangsih nyata dalam kehidupan sehari-hari, untuk menghambat laju pemanasanan global dan mengurangi dampak akibat perubahan iklim.(bkmg.go.id)

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home