Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:43 WIB | Jumat, 11 Desember 2015

Longsor di Tangse, Belum Ada Laporan Korban Jiwa

Ilustrasi longsor. (Foto: portalsatu.com)

SIGLI, ACEH, SATUHARAPAN.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam, Apriadi SSos, membenarkan adanya longsor yang melanda kawasan Tangse. Dia juga menyebutkan bencana tersebut menyebabkan enam unit rumah warga hanyut ke sungai, pada Kamis (10/12)

"Belum ada laporan korban jiwa untuk sementara," katanya.

Sebelumnya diberitkan, hujan deras yang melanda kawasan Tangse membuat ruas jalan Tangse-Geumpang longsor. Akibatnya empat rumah warga Blang Bungoeng ikut ambruk dan terbawa arus sungai, Kamis (10/12) sekitar pukul 18.00 WIB.

"Padahal, rumah itu tidak dekat dengan sungai, namun karena longsor jalan dan rumah ikut ambruk," kata Syafii, warga Blang Bungoeng kepada portalsatu.com.

Hingga sekarang belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, cuaca buruk membuat warga setempat was-was.

Salah satu wasit sepak bola dari Sigli, Salfahmi, mengaku tidak bisa kembali ke rumahnya setelah memimpin pertandingan di Tangse. "Saya terpaksa bermalam di sini karena jalan sudah putus," katanya.

Bengkulu Diguncang Gempa 5,3 Skala Richter

Sementara itu, Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, pada Jumat, pukul 10.20 WIB diguncang gempa bumi dangan kekuatan diperkirakan 5,3 skala richter.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan Stasiun Kabupaten Kepahiang, Litman, di Bengkulu, Jumat (11/12), mengatakan gempa yang terjadi di perairan Kaur tidak berpotensi tsunami.

"Gempa terjadi, karena pergeseran lempeng Indo-Australia dengan Eurasia," kata dia.

Gempa tektonik tersebut, kata Litman, berlokasi pada 71 kilometer barat daya Kabupaten Kaur dengan kedalaman sekitar 10 kilometer.

"Koordinat gempa 5.03 lintang selatan, dan 102.94 bujur timur," katanya.

Guncangan gempa terasa cukup kuat, bahkan terasa sampai ratusan kilometer dari titik gempa, atau dirasakan pada enam kabupaten dan kota.

Daerah yang diguncang gempa, kata Litman, yakni Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma, Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Kota Bengkulu.

"Gempa terasa beberapa detik," kata dia.

Lokasi terjauh dari titik gempa yakni Kabupaten Kepahiang yang berjarak sekira 205 kilometer dari Kabupaten Kaur.(Ant/portalsatu.com)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home