Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:47 WIB | Kamis, 29 Oktober 2015

BNPB: Seminggu ke Depan Sumatera-Kalimantan Hujan

Ilustrasi: BNPB menyatakan seminggu ke depan Sumatera-Kalimantan hujan. (Foto: pantaupekanbaru.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa dalam seminggu ke depan akan banyak turun hujan di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

"Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam seminggu ke depan akan banyak hujan di Sumatera dan Kalimantan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Kamis (29/10).

Dia menambahkan, awan yang tersedia di wilayah tersebut cukup banyak sehingga hujan buatan akan diintensifkan. "Kita akan memanfaatkan pertumbuhan awan yang meningkat dengan terus mengintensifkan hujan buatan," katanya.

BMKG, kata dia, memprediksi pertumbuhan awan tengah meningkat di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Kondisi tersebut, kata dia, sangat berdampak positif pada upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan. "Keadaan tersebut dapat memaksimalkan upaya teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan," katanya.

Dia menambahkan, kondisi saat ini cukup berbeda bila dibandingkan beberapa pekan sebelumnya yang sangat kering.

"Sebelumnya, kondisi perairan laut, cuaca, dan atmosfer di Indonesia sangat kering, ditambah lagi ada siklon tropis di Filipina yang menarik massa uap air di wilayah Indonesia dan menyebabkan awan-awan tidak terbentuk," katanya.

Partikel asap yang melayang di atmosfer, kata dia, juga menyerap uap air sehingga awan tidak terbentuk.

"Jika pun ada awan, sifatnya mandul, tidak menghasilkan hujan," katanya.

Ia berharap, peningkatan pertumbuhan awan terjadi sesuai prediksi guna mengoptimalkan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home