Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 07:29 WIB | Rabu, 28 September 2022

BNPT Terapkan Program Deradikalisasi di Morowali

Penanaman jagung di Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) Kabupaten Morowali seluas tujuh hektare. (HO-Humas BNPT).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menerapkan program deradikalisasi di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, melalui peresmian Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) seluas tujuh hektare.

"KTN ini untuk menggulirkan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan," kata Kepala BNPT Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (27/9).

Pembangunan KTN di Kabupaten Morowali diharapkan bisa menjadi sarana untuk mengintegrasikan antara mitra deradikalisasi dengan masyarakat sekitar. Dengan demikian, kesejahteraan mitra deradikalisasi serta masyarakat bisa meningkat.

"KTN ini bukan milik BNPT, tetapi milik masyarakat. Kami hanya sebagai fasilitator," kata Boy Rafli.

Peresmian KTN di Kabupaten Morowali diawali dengan penanaman jagung. KTN yang dibangun di Kecamatan Bungku Barat itu diprioritaskan untuk pengembangan pertanian dan peternakan.

"Ini adalah wujud dari proses reintegrasi sosial," tambahnya.

Program deradikalisasi melalui KTN tersebut merupakan upaya BNPT mengembangkan strategi pentahelix atau multipihak agar bersama-sama menyejahterakan mitra deradikalisasi, termasuk masyarakat sekitar.

"KTN diharapkan juga memicu peningkatan ekonomi Kabupaten Morowali," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Morowali Taslim menegaskan dukungannya pada kegiatan KTN di daerahnya. Pemerintah daerah setempat menilai KTN Morowali bisa meningkatkan ketersediaan pangan bagi masyarakat maupun untuk kebutuhan industri.

"Tentu dengan KTN Morowali ini akan memberikan kontribusi besar untuk memasok pangan, baik masyarakat maupun kawasan industri di Morowali," kata Taslim.

Ia berharap KTN Morowali membuat desa-desa di sekitarnya ikut terpacu sehingga ketahanan pangan di Kabupaten Morowali semakin membaik.

Secara umum, program KTN memiliki tiga pendekatan, yaitu edukasi, ekonomi dan pariwisata.

Dalam pemilihan lokasi, KTN berada di kawasan wisata yang berkaitan dengan alam dan dikelola secara langsung oleh mitra deradikalisasi. Selain membantu perekonomian mitra deradikalisasi, program ini juga membantu memajukan ekonomi kreatif masyarakat sekitar kawasan KTN.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home