Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:05 WIB | Senin, 19 Januari 2015

Boko Haram Culik Puluhan Orang di Kamerun

Abubakar Shekau mengatakan dalam sebuah video yang dirilis bahwa Syariah sedang diimplementasikan di wilayah Boko Haram. (Foto: AFP)

YAOUNDE, SATUHARAPAN.COM – Militan Boko Haram dari Nigeria, Minggu (18/1), menculik sedikitnya 60 orang dalam serangan terbaru di Kamerun utara yang menelan sejumlah korban jiwa, menurut laporan kepolisian setempat.

Para militan “menyerang dua desa di daerah Tourou. Mereka membakar rumah dan menculik sekitar 60 orang. Sebagian dari mereka merupakan perempuan dan anak-anak,” menurut pernyataan seorang polisi kepada AFP.

Dia mengatakan serangan lintas perbatasan tersebut “menewaskan sejumlah orang”, dan militer Kamerun “melancarkan operasi” pascaserangan.

Ini merupakan penculikan terbesar di Kamerun yang dilakukan Boko Haram. Kelompok militan tersebut melancarkan serangkaian serangan dalam beberapa bulan terakhir dan meningkatkan serangan di basis mereka di Nigeria timur laut.

Serangan tersebut dilancarkan setelah Chad mengerahkan pasukan untuk memerangi Boko Haram di Kamerun dan Nigeria.

Di Nigeria, pasukan Chad berupaya merebut kembali Kota Baga, yang terletak di tepi Danau Chad, di perbatasan antara Chad, Nigeria, Niger dan Kamerun. Kota strategis tersebut jatuh ke tangan Boko Haram sebelumnya pada bulan ini.

Banyak pihak mengklaim serangan di Baga kemungkinan merupakan serangan paling berdarah yang dilancarkan Boko Haram. Citra satelit yang dirilis organisasi Amnesty dan Human Rights Watch menunjukkan kerusakan luas. Sekitar 3.700 bangunan di Baga dan Doron Baga rusak atau hancur. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home