Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:33 WIB | Jumat, 07 Agustus 2015

Bom Bunuh Diri ISIS Tewaskan 13 Orang di Masjid Saudi

Anggota satuan polisi khusus Saudi melakukan pertunjukkan selama parade di Mekah. (Foto: AFP)

ASIR, SATUHARAPAN.COM – Setidaknya 13 orang tewas di Arab Saudi pada hari Selasa (4/8) ketika seorang pembom bunuh diri menargetkan masjid di wilayah Asir yang merupakan perumahan pasukan keamanan lokal.

Kelompok Negara Islam irak dan Suriah atau ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Kelompok afiliasi yang disebut "Provinsi al-Hijaz" mengumumkan sebuah pernyataan di Twitter beberapa jam setelah serangan itu dan mengatakan bahwa salah satu anggotanya meledakkan rompi peledak di dalam masjid di kota selatan Abha.

Seorang juru bicara untuk Kementerian Dalam Negeri, dalam pernyataan yang disiarkan oleh pejabat Saudi Press Agency, mengatakan sembilan orang lainnya juga terluka dan tiga dari mereka berada dalam kondisi serius.

Dia mengidentifikasi tiga dari mereka yang tewas sebagai "pekerja" di masjid merupakan bekas anggota unit keamanan dalam negeri di Abha dari Special Weapons and Tactics (SWAT), di provinsi selatan Asir.

"Serangan teroris menyerang jamaah ketika sedang berdoa. Sepuluh polisi dan tiga pekerja tewas sementara sembilan lainnya terluka, tiga serius," kata juru bicara.

Pembom menyamar sebagai petugas kebersihan untuk mendapatkan akses ke masjid dan begitu ia masuk di dalam masjid langsung meledakkan sabuk bunuh diri di antara pasukan keamanan yang sedang berdoa pada saat itu, seorang sumber di kerajaan yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan kepada middleeasteye.net.

Asir berada di selatan-barat negara itu dan dekat dengan perbatasan negara itu dengan Yaman, di mana Arab Saudi saat ini terlibat dalam perang untuk menekan milisi Houthi.

Setelah serangan itu, warga setempat terpanggil untuk menyumbangkan darah dengan berbondong-bondong datang ke rumah sakit. (middleeasteye.net)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home