Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Dany Brakha 14:45 WIB | Selasa, 16 April 2013

Boston Marathon, Ajang Lomba Lari Tertua

Logo Boston Marathon. (foto: mainerunner)

WASHINGTON D.C, SATUHARAPAN.COM - Dua ledakan yang terjadi di Boston, Massachussets, Amerika Serikat dan menewaskan tiga orang, Senin (15/4) waktu setempat terjadi di tengah keramaian perlombaan Boston Marathon yang legendaris. Ajang lari jarak jauh ini adalah yang tertua di dunia dengan peserta dari seluruh belahan dunia.

Boston Marathon pertama kali diadakan pada tahun 1897 dalam rangka perayaan Hari Pahlawan di negara bagian Massachusetts, AS. Hari besar tersebut biasanya dirayakan setiap tahun pada minggu ke tiga bulan April. Lomba lari tersebut menempuh jarak 42,195 km yang mengacu pada standar yang diterapkan dalam olimpiade.

Olah raga ini pada awalnya hanya kegiatan berlingkup lokal, namun semakin lama polularitasnya semakin meluas hingga ke seluruh dunia. Tahun ini Boston Marathon yang ke-117 digelar pada Senin 15 April dengan jumlah peserta pria dan wanita yang diperkirakan mencapai 20.000 orang, baik dari kalangan profesional maupun amatir dan melibatkan sekitar 500.000 penonton.

Hal unik lainnya dari lomba lari ini pada awalnya tidak menggunakan uang sebagai hadiah bagi sang juara. Pemenang diberi karangan bunga yang terbut dari ranting pohon Zaitun. Mulai era 80an kejuaraan tersebut menggunakan uang sebagai hadiah karena dipicu oleh keberatan dari kalangan pelari profesional.

Pihak penyelenggara yang selama ini mengawal jalannya pertandingan lari itu adalah Boston Athletic Association atau yang sering disebut BAA.

Editor : Wiwin Wirwidya Hendra


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home