Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:41 WIB | Jumat, 19 Februari 2016

Boutros-Ghali Dimakamkan Secara Militer

Mantan Sekjen PBB, Boutros Boutros-Ghali. (Foto: dok./un.org)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Mantan Sekjen Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Boutros Boutros-Ghali dimakamkan secara militer di Kairo, Mesir dan Presiden Abdel-Fattah El-Sisi, pada hari Kamis (18/2). Dia meninggal hari Selasa (16/2) pada usia 93 tahun.

Setelah upacara secara militer, yang diadakan di kompleks Masjid El-Moshir Tantawy di New Cairo, peti jenazah mendiang Sekjen PBB itu dibawa ke Gereja Boutrosiya di pusat kota Kairo.

Ibadah pemakaman dilakukan oleh Gereja Koptik Mesir yang dipimpin oleh Paus Tawadros II. Ibadah ini dihadiri anggota keluarganya serta tokoh Mesir dan tamu luar negeri terkemuka.

Mantan Menteri Luar Negeri Mesir, Amr Moussa, Dirjen UNSECO, Irina Bokova, dan Sekjen La Francophone, Michaëlle Jean, berbicara dalam misa memberi penghormatan untuk mendiang sebagai diplomat Mesir.

Di New York, Majelis Umum PBB mengadakan penghormatan khusus untuk Boutros-Ghali, Sekjen ke-6 PBB periode 1992-1996.

Perdana Menteri Mesir, Sherif Ismail, dan Menteri Pertahanan, Sedqi Sobhi, serta diplomat Mesir lainnya juga hadir dan mengucapkan selamat jalan untuk Boutros-Ghali.

 

Penghormatan untuk Boutros Boutros-Ghali di Markas Besar PBB di New York. (Foto: un.org)

 

Keluarga Diplomat

Boutros-Ghali adalah Sekjen PBB pertama dari Afrika, dan satu-satunya orang Arab yang pernah memegang posisi itu.

Sebelumnya dia menjabat menteri negara untuk urusan luar negeri dari tahun 1977 sampai 1991 di bawah Presiden Mesir, Anwar Sadat (1977-1981), yang dibunuh dan kemudian digantikan oleh Presiden Hosni Mubarak (1981-1991) yang kemudian dia digulingkan pada 2011.

Boutros-Ghali berasal dari sejarah panjang keluarga diplomat. Kakeknya, Boutros Ghali, menduduki posisi Menteri Keuangan Mesir, Menteri Luar Negeri dan akhirnya menjadi Perdana Menteri pada tahun 1908 sampai pembunuhan terhadapnya pada tahun 1910.

Boutros-Ghali juga pernah menjadi anggota parlemen pada tahun 1987 dan anggota sekretariat Partai Demokrat Nasional dari tahun 1980.

Tahun 2003 sampai 2012, Boutros-Ghali menjabat sebagai Direktur Dewan Nasional Mesir, badan  semi-pemerintah untuk Hak Asasi Manusia.

Ibadah di Gereja Koptik Mesir, sebelum pemakaman Boutros Boutros-Ghali. (Foto: Al Ahram)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home