Loading...
INDONESIA
Penulis: Kartika Virgianti 16:16 WIB | Selasa, 21 Januari 2014

BPBD DKI: Banjir Mulai Surut, Pengungsi Mulai Pulang

Pengungsi di GOR Otista pada Minggu (19/1). (Foto: Dedi Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Berdasarkan pendataan Pusat Kendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta 5.000-an pengungsi diperkirakan sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Sebab, menurut catatan BPBD, kini tinggal 62.819 pengungsi.Kemarin, 68.178 jiwa 

Kepala Seksi Informatika dan Pengendalian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Bambang Surya Putra, menjelaskan bahwa jumlah pengungsi berkurang karena banjir memang sudah mulai surut di beberapa wilayah Jakarta.

“Indikatornya di Pintu Air Manggarai, Karet. Itu sudah surut jauh menjadi Siaga 3 per tadi malam, yang datanya kita rekap pagi, menghasilkan data per jam 12.00 WIB,” jelas Bambang ketika dihubungi, Selasa (21/1).

Terkait dengan kabar bahwa Bendung Katulampa yang sejak pukul 12.00 WIB berstatus Siaga 3, yang akan mengirimkan air ke Pintu Air Manggarai sekitar 9 jam kemudian, diakui Bambang tidak dapat dipastikan akan terjadi kenaikan status siaga atau tidaknya. Hal itu menurut dia tergantung hujan lokalnya juga.

“Kalau hujan lokalnya cukup tinggi di sekitar Manggarai, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, bisa terjadi naiknya ketinggian air di Pintu Air Manggarai,” kata dia

Bambang mengungkapkan, saat ini kondisi Pintu Air Manggarai sendiri masih siaga 3, namun sudah mendekati Siaga 2.

Kenaikan tinggi muka air tersebut menurut dia karena hujan yang terjadi di wilayah hulu (Bogor, Puncak) seharian ini. Sedangkan di Jakarta sendiri, dia katakan hujannya tidak terlalu besar.

Banjir yang dikatakan sebelumnya mulai surut, BPBD DKI Jakarta telah menghimpun rata-rata ketinggian air saat ini.

Jakarta Timur, ketinggian air 30-50 centimeter, Jakarta Selatan, ketinggian air 50-300 centimeter, Jakarta Pusat, ketinggian air 50-150 centimeter, Jakarta Barat, ketinggian air 10-150 centimeter, Jakarta Utara, ketinggian air 20-130 centimeter.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home