Loading...
SAINS
Penulis: Melki 11:00 WIB | Sabtu, 20 Agustus 2022

BPK PENABUR Jakarta Berinovasi Memberikan Pendidikan Unggul

SDK 1 PENABUR, Kompleks Samanhudi, Jakarta, Sabtu (20/8/2022). (Foto: Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Dunia saat ini memasuki era 5.0, suatu konsep yang berpusat pada manusia (human centered) dan berbasis teknologi (technology based). Era masyarakat 5.0 membawa banyak perubahan dalam segala aspek kehidupan termasuk sektor pendidikan.

BPK PENABUR Jakarta sebagai lembaga pendidikan Kristen di Indonesia turut beradaptasi dengan perubahan yang ada dan secara proaktif melakukan inovasi multidimensional. 

Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta, mengatakan dalam menyikapi perubahan yang ada maka dilakukan penambahan infrastruktur di ruang kelas seperti pemasangan Interactive Flat Panel (IFP) yang dipergunakan sebagai alat bantu proses belajar mengajar.

“Perkembangan teknologi merupakan hal yang pasti terjadi dan tidak dapat dilawan. Pilihannya ada 2 yaitu mengabaikan atau menindaklanjutinya. BPK PENABUR Jakarta lebih memilih untuk menindaklanjutinya dengan tetap memegang teguh iman Kristiani. Hal penting yang harus dilakukan adalah memperbarui Rencana Strategis (Renstra), yakni telaah mendalam terkait pendidikan yang bertujuan untuk menentukan tindakan apa yang selanjutnya harus dijalankan ketika memasuki tahun pelajaran baru.” ujar Antono dalam keterangan resmi, haru Sabtu (20/8/2022).

Pelatihan-pelatihan bagi tenaga pendidik dan kependidikan BPK PENABUR Jakarta terus dilakukan guna meningkatkan kecakapan dan kehandalan untuk memberikan pelayanan terbaik. Komitmen ini diwujudkan dengan tersedianya gedung PENABUR Learning Center (PLC). Pelatihan untuk tenaga pendidik dan kependidikan yang dilakukan secara berkelanjutan dalam upaya mengembangkan kompetensi baik keterampilan maupun pengetahuannya berlandaskan karakter Kristiani sesuai perkembangan zaman.

Untuk menjawab kebutuhan generasi masa kini, pembaruan lainnya yang BPK PENABUR Jakarta lakukan adalah dengan mengintegrasikan literasi digital pada setiap mata pelajaran di kelas dan menguji kecakapan literasi digital masing-masing peserta didik lewat Digital Quotient Test (DQ Test).

Dalam rangka mengimplementasikan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, BPK PENABUR Jakarta menjalankan proses pembelajaran sesuai ketentuan dan melaksanakan protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat bagi seluruh warga BPK PENABUR Jakarta baik di sekolah maupun sekretariat.

“Kami menyediakan video edukasi bertajuk ‘Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Aktual BPK PENABUR Jakarta yang dapat dipahami dengan mudah oleh orang tua/wali dan peserta didik.” ujar Kumalasari Onggobawono, Kepala Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta.

Pada Tahun Pelajaran 2022-2023, BPK PENABUR Jakarta mulai menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar sejalan dengan apa yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Kurikulum ini sebagai penyederhanaan Kurikulum 2013 yang tidak hanya berfokus pada pengembangan hard skills tetapi juga soft skills peserta didik, sekaligus menjadi solusi yang diupayakan pemerintah dalam menghadapi learning loss akibat pandemi Covid-19.

BPK PENABUR Jakarta mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar pada kategori Mandiri Belajar yaitu menggunakan kurikulum yang sudah ada di sekolah dan beberapa prinsip dalam Kurikulum Merdeka Belajar.

“Salah satu ciri khas Kurikulum Merdeka Belajar adalah Project Based Learning. BPK PENABUR Jakarta menerapkan Project Based Learning dalam proses pembelajarannya sejak beberapa tahun ini. Sebagai contoh hal ini dilakukan melalui proyek pembelajaran baik secara kolaborasi antar mata pelajaran maupun proyek pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara mandiri. Misalkan pada sekolah yang menerapkan program Entrepreneurship di mana Proyek Pembelajaran Kolaborasi berbasis tema menjadi ciri khasnya.” jelas Kumalasari.

Kini, sebanyak lebih dari 30.000 peserta didik mengenyam pendidikan di 79 sekolah BPK PENABUR Jakarta yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). 

Sejak 72 tahun lalu, BPK PENABUR Jakarta telah berkomitmen mendidik dan mengajar setiap peserta didik yang dipercayakan oleh orang tua/wali dengan sepenuh hati dan bertanggung jawab. Berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik telah diraih. Bahkan, pada saat pandemi Covid-19 melanda pun prestasi tetap dicapai oleh peserta didik, tercatat sejak awal Pandemi pada Maret 2020 hingga Juni 2022, sebanya 143 peserta didik telah meraih prestasi terbaiknya di tingkat nasional dan internasional.

Kemudian, pada Tahun Pelajaran 2022-2023 yang baru saja berjalan dua bulan, peserta didik BPK PENABUR Jakarta kembali mencetak prestasi di ajang olimpiade bergengsi tingkat nasional dan internasional. Sebanyak 19 peserta didik meraih medali penghargaan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2022, International Mathematical Olympiad (IMO) ke-63 tahun 2022, International Physics Olympiad ke-52 tahun 2022, International Olympiad Tuymaada ke-29 tahun 2022, International Economics Olympiad (IEO) ke-5 tahun 2022, dan International Olympiad on Informatics (IOI) ke-34 tahun 2022.

BPK PENABUR Jakarta di samping membekali peserta didik untuk memiliki ilmu yang unggul, para pendidik turut mendorong internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani (PKBN2K) bagi peserta didik. PKBN2K diimplementasikan dalam setiap aktivitas baik yang berbasis kelas, komunitas, dan kultur. Hal sederhana yang dilakukan misalnya adalah implementasi budaya ToMaT yaitu Tolong, Maaf, Terima Kasih, program Dare to Care jenjang TK yang bermanfaat menumbuhkan karakter sesuai dengan kebutuhan setiap individu peserta didik, dan program lainnya.

Selain mengembangkan pembelajaran unggul, peserta didik di BPK PENABUR Jakarta dididik untuk belajar berbagi kepada sesama dengan cara turut mengambil bagian dalam berbagai pelayanan. Program yang dilakukan misalnya peserta didik menyisihkan sebagian uang sakunya untuk disalurkan bagi pendidikan anak-anak lain yang membutuhkan melalui program Sahabat Masa Depan atau pelayanan lain yang dapat dilakukan oleh peserta didik dikoordinasi oleh para pendidik.

Pada bulan Agustus 2022, BPK PENABUR Jakarta membuka pendaftaran bagi orang tua yang ingin mendaftarkan putra-putrinya bersekolah mulai Tahun Pelajaran 2023-2024 mendatang. Launching Penerimaan Siswa Baru (PSB) bertajuk “PENABUR X-Travaganza” dengan tagar #JadiLebihBaik diselenggarakan pada Sabtu, 20 Agustus 2022, Pukul 08.00-10.00 WIB. Acara diselenggarakan dan disiarkan langsung dari SDK 1 PENABUR Kompleks Samanhudi melalui YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta.

“PENABUR X-Travaganza artinya pertunjukan luar biasa, dalam hal ini kami ingin menyampaikan kepada masyarakat terkhusus orang tua calon siswa bahwa BPK PENABUR Jakarta tidak hanya sekedar memberikan pendidikan bermutu, tetapi menekankan peserta didik untuk #JadiLebihBaik. #JadiLebihBaik dalam Iman berarti peserta didik dibentuk untuk memiliki karakter unggul berdasarkan iman Kristen. #JadiLebihBaik dalam Ilmu, lewat berbagai prestasi gemilang yang dicapai peserta didik hingga saat ini. #JadiLebihBaik dalam Pelayanan, mengajak peserta didik untuk mau melayani dan dapat berdampak di masyarakat.” ungkap Dedy Budiman, Pengurus dan Ketua PSB BPK PENABUR Jakarta Tahun Pelajaran 2023-2024.

Antono turut menuturkan bahwa, “Kegiatan ini bukan hanya bertujuan untuk memaksimalkan penerimaan calon peserta didik semata, melainkan bagaimana kita memberikan informasi selengkapnya kepada orang tua dan calon peserta didik mengenai pendidikan yang diberikan oleh BPK PENABUR Jakarta. Kami ingin orang tua dan calon peserta didik benar-benar memahami apa itu Iman, Ilmu, dan Pelayanan yang menjadi payung bagi sistem pembelajaran di BPK PENABUR Jakarta. Lalu, tentang berbagai perubahan dan penyempurnaan yang kami lakukan merupakan hal utama yang perlu dijelaskan.”

Pada PENABUR X-Travaganza diadakan talk show yang menghadirkan Antono Yuwono selaku Ketua BPK PENABUR Jakarta, Dedy Budiman selaku Pengurus dan Ketua PSB tahun pelajaran 2023-2024, Pendeta Yuswantori dan Celine Regina alumni BPK PENABUR Jakarta, serta Sarnida perwakilan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari BPK PENABUR Jakarta. Kegiatan semakin meriah dengan penampilan Adi Chandra, penyanyi lagu rohani Kristen, peserta didik TKK 1 PENABUR, serta peserta didik SDK 1 PENABUR.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home