Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:34 WIB | Senin, 17 Januari 2022

BPOM Iizinkan Lima Vaksin untuk Booster

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Indonesia putuskan Vaksin COVID-19 Ketiga (Booster)  diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia!

Pelaksanaan penyuntikan vaksin booster dimulai pada 12 Januari 2022 dengan prioritas bagi Lansia dan Kelompok Rentan, serta sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya, menurut keterangan Satgas Penanganan COVID-19, hari Selasa (11/1).

Namun diingatkan bahwa sudah divaksin pun kita tetap disiplin harus menjalankan protokol kesehatan: Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan.

Sementara itu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) per tanggal 10 Januari 2022 menyetujui lima jenis vaksin COVID-19 sebagai booster, yakni CoronaVac / Vaksin COVID-19 Bio Farma, Vaksin Pfizer, Vaksin AstraZeneca, Vaksin Moderna, dan Vaksin Zifivax.

Masing-masing dikategorikan sebagai homolog, heterolog, atau bisa keduanya. Homolog sendiri berarti jenis vaksin primer atau vaksin dosis lengkap di awal sama dengan jenis vaksin booster, sedangkan heterolog maksudnya jenis vaksin primer dan booster yang digunakan berbeda.

Vaksin booster sekarang ini diperuntukkan untuk usia 18 tahun ke atas dan minimal enam bulan setelah dapatkan vaksin primer dosis lengkap. Besaran dosis yang diterima akan disesuaikan dengan rekomendasi yang sudah diberikan Badan POM.

Editor : Sabar Subekti

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home