Loading...
HAM
Penulis: Reporter Satuharapan 10:59 WIB | Senin, 09 November 2015

Buka Pos di Timteng, AS Sambut Lebih Banyak Pengungsi Suriah

Presiden Amerika Serikat Barack Obama. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Amerika Serikat akan membuka pos-pos pemeriksaan baru di Irak dan Lebanon untuk mempercepat proses dan meningkatkan jumlah pengungsi Suriah yang akan ditampung AS. Hal ini dikatakan pejabat pemerintahan AS, Jumat (6/11).

Langkah ini dilakukan setelah Presiden Barack Obama berjanji pada bulan September menerima tambahan 10.000 pengungsi pada tahun 2016 dari Suriah.

"Departemen Luar Negeri AS saat dikonfirmasi berencana untuk membuka pusat pemeriksaan pengungsi di pemukiman Erbil, Irak, sebelum akhir 2015, dan melanjutkan proses pemeriksaan pengungsi di Lebanon pada awal 2016," kata juru bicara Danna Van Brandt.

Gedung Putih tidak akan mengatakan berapa banyak pengungsi tambahan mungkin diperlukan di luar 10.000, tapi dua pejabat senior pemerintah mengatakan mereka sedang mencari cara untuk meningkatkan jumlah pengungsi.

"Secara ambisus kami ingin mendorong jumlah pengungsi  dengan mendirikan pos-pos pemeriksaan baru," kata salah satu pejabat yang tidak ingin disebut namanya.

Departemen Luar Negeri akan memantau sembilan pusat pemeriksaan seluruh dunia yang berfungsi sebagai titik pertemuan bagi para pengungsi dan Pihak Keamanan Amerika Serikat akan memutuskan siapa yang cocok untuk tinggal di Amerika Serikat.

Pusat-pusat tambahan akan meningkatkan jumlah pengungsi Timur Tengah, kebanyakan berasal dari Suriah yang lebih berpotensi untuk ditempatkan di permukiman AS di pusat-pusat di Istanbul dan Amman, Yordania.

Pusat-pusat baru yang dirancang untuk meningkatkan jumlah pengungsi Suriah. Selama ini ditangani oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri AS yag langsung datang ke Lebanon. Tapi fasilitas ini beberapa waktu lalu dihentikan.

Di tengah gelombang pengungsi di Eropa, beberapa kongres Demokrat dan pendukung pengungsi mengatakan Amerika Serikat harus berbuat lebih banyak untuk Suriah yang sering melakukan perjalanan berbahaya untuk tanah di mana mereka tidak memiliki rumah atau sarana kerja.

Beberapa Partai Republik telah menyuarakan keprihatinan bahwa memungkinkan lebih Suriah ke Amerika Serikat membahayakan keamanan nasional.

"Kami memiliki sedikit atau tidak ada informasi tentang orang-orang ini ... tidak ada kemampuan untuk menentukan apakah mereka radikal atau tidak," kata Senator Republik Jeff Sessions di sidang pada 2 Oktober

Pejabat lain senior pemerintah mengatakan kepada Reuters bahwa Amerika Serikat juga mendorong negara-negara lain untuk berkontribusi lebih banyak uang untuk usaha PBB untuk membantu pengungsi.

Administrasi AS juga mencari cara untuk meningkatkan bantuan kepada negara-negara perbatasan Suriah dari Yordania, Lebanon dan Turki saat mereka mengambil dalam jutaan melarikan diri perang, kata pejabat itu. (alarabiya.net)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home