Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 17:55 WIB | Kamis, 26 Juni 2014

Buku I Am Malala Terbit dalam Bahasa Indonesia

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – “Malala tidak pernah dendam kepada penembaknya. Dan, ia tidak surut memperjuangkan pendidikan bagi kaum perempuan,” kata Butet Manurung saat peluncuran buku I Am Malala, Rabu (25/6) di Jakarta. Autobiografi Malala Yousafzai kini sudah dapat dinikmati dalam bahasa Indonesia.

Malala Yousafzai mulai dikenal dunia sejak masih berusia 11 tahun—enam tahun lalu. Pada 2009 dia menulis dalam blog untuk BBC layanan berbahasa Urdu.

Tulisannya tak jauh dari kesehariannya. Sebagai anak, ia ingin sekolah. Di bawah tekanan kekuasaan Taliban di lembah Swat seorang perempuan dilarang sekolah. Ia menulis pada periode Januari hingga Maret 2009.

Lembah ini berada di barat laut Pakistan, dikenal sebagai daerah yang indah, namun terus berkecamuk dengan kekerasan. Sebab, sejak 2007, militan Islam mengambil alih wilayah yang disebut Malala sebagai "My Swat". Taliban memberlakukan pemerintahan brutal dan menimbulkan pertumpahan darah.

Ketika tentara pemerintah menyerbu untuk menggulingkan Taliban, Malala melarikan diri dari Swat bersama keluarganya. Pada periode ini, Malala menghadapi kesulitan melanjutkan mempromosikan pendidikan. Namun, kemudian dia menerima penghargaan untuk pertama kali di bidang perdamaian di tingkat nasional dari Pemerintah Pakistan dan dinominasikan untuk Internasional Children Peace Prize.

Penembakan

Ketika serangan pemerintah memaksa Taliban mundur, Malala akhirnya kembali ke Swat, memanfaatkan situasi yang lebih aman untuk kembali ke sekolah yang ditinggalkan hampir dua tahun.

Namun, Malala dan keluarganya adalah subjek yang terus diancam oleh kelompok Taliban. Sampai kejadian tragis pada 9 Oktober 2012 tersebut dia alami. Taliban mengatakan bahwa mereka mengincarnya karena  “mempromosikan pendidikan sekuler" dan mengancam akan menyerang lagi.

Pintu Terkunci dan Berdoa

Dalam kutipan dari autobiografinya, aktivis muda Malala Yousafzai menceritakan hari saat dia ditembak oleh Taliban

“Jangan khawatir. Taliban tidak pernah datang untuk menyakiti gadis kecil.” Dengan kata-kata ini, Malala Yousafzai berusaha meyakinkan temannya Moniba, yang takut oleh ancaman yang diterima Malala dan keluarganya sepanjang tahun.

“Aku tidak takut,” tulis Malala dalam autobiografinya, I Am Malala, “tapi aku harus sudah mulai memastikan pintu terkunci di malam hari dan meminta Tuhan apa yang terjadi ketika aku mati.”

Di negara yang terlihat sangat gemar berbagi kekerasan, nasib seorang remaja mungkin tampak tidak banyak masuk hitungan. Tapi, entah kenapa Malala Yousafzai Pakistan telah berhasil menjadi inspirasi internasional. Dia baru 11 tahun, ketika ia menuntut Taliban agar perempuan diberi akses penuh ke sekolah. Kampanyenya mendapat perhatian global, suatu awal bagi peristiwa yang bahkan lebih luar biasa. Oktober lalu, Taliban menyerang Malala, (saat itu berumur 15), dalam perjalanan pulang dari sekolah, dengan menembak dirinya di kepala.

Malala menggambarkan hari itu dan menawarkan harapannya untuk masa depan. Sebelum diserang, Malala sering bertanya-tanya apa yang akan dia lakukan jika seorang teroris pernah melompat keluar dan menembaknya. “Mungkin aku akan melepas sepatu saya dan memukulnya,” tulisnya. “Tapi kemudian aku berpikir bahwa jika saya melakukan itu, tidak akan ada perbedaan antara saya dan teroris. Akan lebih baik untuk mengaku, ‘Oke, sila menembak saya, tapi pertama-tama dengarkan saya. Apa yang Anda lakukan adalah salah. Saya tidak melawan Anda secara pribadi. Saya hanya ingin setiap gadis pergi ke sekolah.”

Dia tidak punya waktu untuk menjelaskan ketika hari itu tiba. “Siapa Malala?” Pria bertopeng bertanya sambil membungkuk di atas dia dan teman-temannya di bus yang membawa mereka pulang dari sekolah. Malala, yang satu-satunya gadis dengan wajah tidak tertutup, mengingat, “Teman-teman saya mengatakan bahwa dia menembakkan tiga tembakan. Yang pertama melewati rongga mata kiri saya dan di bawah bahu kiri saya. Aku merosot ke depan ke Moniba, darah keluar dari telinga kiri saya, sehingga dua peluru lainnya mengenai gadis di samping saya. Teman-teman saya kemudian mengatakan kepada saya tangan penembak gemetar saat ia menembak.”

Mengomentari kesembuhan ajaib nya, Malala mengatakan, "Rasanya seperti hidup ini bukan hidupku. Ini adalah kehidupan kedua. Orang-orang telah berdoa kepada Tuhan untuk mengampuni saya dan saya terhindar untuk alasan—untuk menggunakan hidup saya untuk membantu orang.”

Diskusi Peluncuran Buku I Am Malala

Diskusi di Freedom Institute, tempat buku terbitan Mizan itu diluncurkan dibuka oleh Nirwan Ahmad Arsuka lalu dilanjutkan komentar dari Rahmat Danu Andika (Pengajar muda I Indonesia mengajar) yang membagikan pengalamannya mengajar di pedalaman. Menurut Dika, sosok Malala yang menonjol soal komitmennya terhadap pendidikan menjadi inspirasi untuk memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

Pembicara kedua, Butet Manurung—perintis dan pelaku pendidikan alternatif bagi masyarakat terasing dan terpencil di Indonesia—mengungkapkan sosok Malala bukan hanya soal pendidikan tetapi tentang banyak hal khususnya soal domestikasi perempuan.

Menurut Butet—nama aslinya Saur Marlina Manurung —peran perempuan di rimba hampir sama dengan kondisi di Pakistan seperti Malala. Mereka sangat sulit mendapatkan pendidikan.

Bagi Butet, Malala menjadi inspirasi karena “tidak pernah dendam kepada penembaknya. Dan, ia tidak surut memperjuangkan pendidikan bagi kaum perempuan.”

Berita terkait Malala:

Malala: Blog, Perjuangan dan Penghargaan

Malala Mendapat Penghargaan dari Organisasi Pegiat HAM Perempuan

Buku Malala Batal Diluncurkan di Pakistan

Remaja Pakistan Pengadang Teroris akan Mendapat Gelar Keberanian

Jutaan Tweet untuk Selamatkan Siswi Nigeria


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home