Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 15:35 WIB | Sabtu, 05 Oktober 2013

Malala Mendapat Penghargaan dari Organisasi Pegiat HAM Perempuan

Malala Yousafzai saat menerima penghargaan RAW in WAR Anna Politkovskaya Award. (Foto: presstv.ir)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Malala Yousafzai, gadis Pakistan yang ditembak oleh Taliban karena mengampanyekan sekolah bagi anak perempuan, menerima penghargaan RAW (Reach all Women) in WAR Anna Politkovskaya Award, pada Jumat (4/10).

Anna Politkovskaya jurnalis investigasi asal Rusia yang ditembak tujuh tahun lalu di tengah tugas. Malala termasuk di antara yang difavoritkan dalam Nobel Peace Prize, yang akan diumumkan pada 11 Oktober.

Perempuan berusia 16 tahun itu diberi penghargaan di London dan mengatakan bahwa dirinya berharap dapat “seberani Politkovskaya”. “Saya sangat mengagumi dedikasi Anna dalam hal kebenaran, kesetaraan dan kemanusiaan,” kata Malala.

Ia dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh oleh majalah TIME pada April 2013. Sejak 2009, Malala mulai menulis blog untuk BBC tentang hidupnya di wilayah Lembah Swat Pakistan dan keinginannya untuk bersekolah secara bebas dan aman. Karena profilnya dikenali publik, ia dengan mudah ditembak di kepala oleh pria bersenjata Taliban dalam perjalanan pulang dari sekolah pada Oktober tahun lalu. Dia kemudian diterbangkan ke Inggris untuk pengobatan dan saat ini tinggal di Birmingham, tempat ia terus kampanye untuk pendidikan untuk anak perempuan dan anak laki-laki.

Penghargaan itu diberikan oleh Sir Nicholas Winton (104 tahun). Ia mendapat julukan “British Schindler” karena pada 1939 menyelamatkan nyawa lebih dari 600 anak Yahudi dari Czechoslovakia yang dikuasai Nazi saat Perang Dunia II dimulai.

Cuplikan Kisah dalam Autobiografinya

Dalam kutipan dari autobiografinya, aktivis muda Malala Yousafzai menceritakan hari saat dia ditembak oleh Taliban

“Jangan khawatir. Taliban tidak pernah datang untuk menyakiti gadis kecil.” Dengan kata-kata ini, Malala Yousafzai berusaha meyakinkan temannya Moniba, yang takut oleh ancaman yang diterima Malala dan keluarganya sepanjang tahun.

“Aku tidak takut,” tulis Malala dalam autobiografinya, I Am Malala, “tapi aku harus sudah mulai memastikan pintu terkunci di malam hari dan meminta Tuhan apa yang terjadi ketika aku mati.”

Di negara yang terlihat sangat gemar berbagi kekerasan, nasib seorang remaja mungkin tampak tidak banyak masuk hitungan. Tapi, entah kenapa Malala Yousafzai Pakistan telah berhasil menjadi inspirasi internasional. Dia baru 11 tahun, ketika ia menuntut Taliban agar perempuan diberi akses penuh ke sekolah. Kampanyenya mendapat perhatian global, suatu awal bagi peristiwa yang bahkan lebih luar biasa. Oktober lalu, Taliban menyerang Malala, (saat itu berumur 15), dalam perjalanan pulang dari sekolah, dengan menembak dirinya di kepala.

Malala menggambarkan hari itu dan menawarkan harapannya untuk masa depan. Sebelum diserang, Malala sering bertanya-tanya apa yang akan dia lakukan jika seorang teroris pernah melompat keluar dan menembaknya. “Mungkin aku akan melepas sepatu saya dan memukulnya,” tulisnya. “Tapi kemudian aku berpikir bahwa jika saya melakukan itu, tidak akan ada perbedaan antara saya dan teroris. Akan lebih baik untuk mengaku, ‘Oke, sila menembak saya, tapi pertama-tama dengarkan saya. Apa yang Anda lakukan adalah salah. Saya tidak melawan Anda secara pribadi. Saya hanya ingin setiap gadis pergi ke sekolah.”

Dia tidak punya waktu untuk menjelaskan ketika hari itu tiba. “Siapa Malala?” Pria bertopeng bertanya sambil membungkuk di atas dia dan teman-temannya di bus yang membawa mereka pulang dari sekolah. Malala, yang satu-satunya gadis dengan wajah tidak tertutup, mengingat, “Teman-teman saya mengatakan bahwa dia menembakkan tiga tembakan. Yang pertama melewati rongga mata kiri saya dan di bawah bahu kiri saya. Aku merosot ke depan ke Moniba, darah keluar dari telinga kiri saya, sehingga dua peluru lainnya mengenai gadis di samping saya. Teman-teman saya kemudian mengatakan kepada saya tangan penembak gemetar saat ia menembak.”

Mengomentari kesembuhan ajaib nya, Malala mengatakan, "Rasanya seperti hidup ini bukan hidupku. Ini adalah kehidupan kedua. Orang-orang telah berdoa kepada Tuhan untuk mengampuni saya dan saya terhindar untuk alasan—untuk menggunakan hidup saya untuk membantu orang.”

RAW in WAR

RAW (Reach all Women) in WAR adalah organisasi non-pemerintah yang mendukung perempuan pembela HAM, yang bekerja di negara-negara dalam perang dan konflik, dan membantu mengakhiri kekerasan dan penganiayaan terhadap mereka.

RAW in WAR bekerja secara langsung dengan perempuan yang aktif dalam komunitas mereka dalam rangka memperkuat dan memungkinkan pekerjaan mereka atas nama korban perempuan dan gadis konflik.

RAW in WAR menjalankan tugasnya di daerah konflik, atau "konflik yang terlupakan" saat dukungan terbatas atau tidak ada dari lembaga kemanusiaan besar.

Orang-orang di Balik RAW in WAR

Mariana Katzarova, adalah Pendiri RAW. Berasal dari Bulgaria, dia adalah seorang pendiri surat kabar independen pertama di Bulgaria pada 1989, Demokrasi. Setelah bekerja selama 15 tahun di zona perang Bosnia, Kosovo dan Chechnya, termasuk 10 tahun sebagai peneliti di Rusia dan Chechnya di Amnesty International di London, Mariana didirikan RAW pada 2006.

Nathalie Losekoot adalah wali RAW dan Senior Programme Officer untuk Eropa pada Artikel 19, kelompok hak asasi manusia internasional untuk kampanye kebebasan berekspresi. Sebelumnya ia bekerja untuk Amnesty International dan Yayasan Eurasia di Kirgizstan. Nathalie memiliki minat khusus di wilayah CIS, menghubungkan HAM dengan pembangunan.

Friederike Behr adalah wali RAW dan peneliti untuk Amnesty International yang berbasis di Moskow. Selain hak asasi manusia dia tertarik pada teater dan seni-terutama kemudian membantu untuk mempromosikan hak asasi manusia.

Barry Cohen adalah wali RAW dan seorang wartawan dan editor yang meliputi isu-isu keuangan internasional. Sebelumnya menjabat sebagai Editor Luar Negeri New Statesman dan telah memberikan kontribusi artikel ekonomi, politik dan investigasi untuk banyak publikasi di Inggris dan luar negeri. Dia juga berpartisipasi dalam berbagai organisasi mempromosikan hak asasi manusia di Afrika dan Timur Tengah. (Antara/Time/Parade/RAW)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home