Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 17:53 WIB | Senin, 07 September 2015

Cadangan Devisa Agustus Turun Jadi 105,3 Miliar Dolar

Dealing room sebuah lembaga keuangan dimana valuta asing ditransaksikan. Cadangan devisa BI hari ini (7/9) diumumkan turun sebesar 2 persen menjadi 105,3 miliar dolar, yang antara lain dipergunakan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah. (Foto: bankernote.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Bank Indonesia sore ini (7/9) mengumumkan posisi cadangan devisa Indonesia akhir Agustus 2015 tercatat sebesar US$105,3 miliar. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan posisi akhir Juli 2015 sebesar US$107,6 miliar.

Menurut siaran pers BI, Perkembangan tersebut disebabkan oleh peningkatan pengeluaran untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah serta penggunaan devisa dalam rangka stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen BI yang telah dan akan terus berada di pasar untuk melakukan upaya stabilisasi nilai tukar rupiah guna mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Di sisi lain, kenaikan penerimaan devisa yang terutama bersumber dari penerbitan Samurai Bonds Pemerintah mampu menahan penurunan lebih lanjut.

Dengan perkembangan tersebut, posisi cadangan devisa per akhir Agustus 2015 masih cukup membiayai 7,1 bulan impor atau 6,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah.

BI menilai jumlah ini juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home