Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:36 WIB | Jumat, 26 Agustus 2022

CDC: Mutasi Varian Omicron Mengganggu Efektivitas Vaksin COVID-19

Gambar ilustrasi yang diambil di London pada 2 Desember 2021 menunjukkan empat jarum suntik dan layar bertuliskan 'Omicron', nama varian baru COVID-19. (foto: dok.AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Hampir 40 persen orang yang dirawat di rumah sakit di Amerika Serikat dengan subvarian COVID Omicron yang beredar musim semi ini telah divaksinasi dan mendapat suntikan booster (penguat). Ini menyoroti bagaimana strain baru telah bermutasi agar lebih mudah lolos dari kekebalan yang dibentuk oleh vaksin saat ini.

Temuan dari para ilmuwan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menggarisbawahi pentingnya memiliki suntikan COVID yang lebih baik dalam menargetkan subvarian Omicron.

Dari akhir Maret hingga Mei, ketika subvarian Omicron BA.2 dan BA.2.12.1 dominan di AS, tingkat rawat inap mingguan meningkat untuk semua orang dewasa, dengan mereka yang berusia di atas 65 tahun paling terpukul. Meski begitu, jumlah total rawat inap tetap jauh lebih rendah daripada saat varian Delta merajalela musim gugur lalu.

Jumlah keseluruhan rawat inap adalah poin penting, kata Abraar Karan, seorang dokter penyakit menular di Universitas Stanford.

“Ketika Anda melihat siapa yang dirawat di rumah sakit, kemungkinan besar mereka akan divaksinasi karena begitu banyak orang yang divaksinasi sekarang,” kata Karan. “Perbandingan sebenarnya adalah berapa banyak rawat inap yang kita miliki sekarang versus di masa lalu ketika orang tidak divaksinasi atau tidak up-to-date dengan booster.”

Ilmuwan CDC menemukan bahwa vaksin dan booster melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menjaga orang dengan infeksi Delta keluar dari rumah sakit daripada mereka dengan varian yang lebih baru.

Efektivitasnya sedikit menurun dengan varian BA.1, kemudian berubah secara signifikan dengan BA.2, dengan porsi yang jauh lebih besar dari orang dewasa yang dirawat di rumah sakit yang telah divaksinasi dengan setidaknya satu booster.

Kekebalan dari vaksin mulai berkurang dalam waktu enam bulan, jadi tetap up-to-date dengan suntikan adalah kunci untuk dilindungi sepenuhnya. Kurang dari setengah orang Amerika mendapatkan suntikan booster.

Orang dewasa dengan setidaknya dua suntikan booster bernasib lebih baik daripada orang lain ketika BA.2 dominan. Mayoritas dari mereka yang dirawat di rumah sakit juga memiliki setidaknya satu kondisi yang mendasarinya.

Orang dewasa yang tidak divaksinasi lebih dari tiga kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit, tetapi infeksi terobosan masih mewakili sejumlah besar kasus COVID yang parah, data itu menunjukkan.

Regulator AS telah mendorong Moderna Inc., Pfizer Inc. dan BioNTech SE untuk mempercepat pengembangan booster khusus Omicron untuk peluncuran September. Para pembuat obat pekan ini menyerahkan data awal ke US Food and Drug Administration (FDA) mencari izin darurat untuk vaksin terbaru yang menargetkan strain virus BA.4 dan BA.5. Para ilmuwan dan pembuat vaksin sudah mulai mencari suntikan generasi berikutnya yang dapat memberikan perlindungan yang lebih tahan lama terhadap lebih banyak varian.

Temuan laporan baru juga menunjukkan bahwa bersama dengan vaksinasi, tindakan farmasi dan non-farmasi lainnya harus digunakan oleh mereka yang berisiko tinggi terkena COVID.

Itu termasuk akses mudah ke terapi seperti obat antivirus Pfizer Paxlovid dan remdesivir dari Gilead Sciences, serta Evusheld AstraZeneca untuk orang dengan gangguan kekebalan. Para ilmuwan juga mencatat bahwa memakai masker dapat membantu menjaga pemakainya agar tidak sakit.

Meskipun jumlah kematian akibat COVID adalah yang terendah sejak Juli lalu, AS terus melihat ratusan kematian setiap hari akibat COVID, data CDC menunjukkan. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home