Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:44 WIB | Sabtu, 02 Januari 2016

Cech Syukuri Keahlian Berbahasa Asing di Arsenal

Ilustrasi: Para pemain Arsenal berbahagia di pertandingan Liga Primer INggris. (Foto: bbc.co.uk).

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Penjaga gawang Arsenal asal Republik Cek, Petr Cech menyebut bahwa kemampuannya berbahasa asing menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan Arsenal memuncaki klasemen sementara Liga Primer Inggris saat ini.

“Mungkin bahasa asing (selain Inggris) membantu saya mengkoordinir lini belakang tim saat ini,” kata Cech seperti diberitakan situs berita Inggris, Mirror, hari Sabtu (2/1).

Cech yang menguasai lima bahasa–Cek, Inggris, Prancis, Spanyol, dan Jerman–mengungkapkan  bahwa  berkomunikasi dengan pemain-pemain belakang Arsenal sangat penting .

"Saya bicara kepada  Nacho Monreal dan Hector Bellerin, (bek tengah Arsenal, Red) dalam bahasa Spanyol, kepada Laurent Koscielny (bek tengah, Red) dalam bahasa Prancis, dan kepada Per Mertesacker (bek kanan, Red) dalam bahasa Inggris,” Cech menambahkan.

Cech berpengalaman dalam  sepak bola, karena pesepak bola Republik Cek ini mengawali karir sepak bola di Sparta Praha di Republik Cek, namun mulai 2002 hingga kini dia telah berpindah klub di Rennes (Liga Prancis), sebelum mulai 2004 sampai dengan 2015 menjaga gawang Chelsea (Inggris), namun mulai 2015 Cech berhasil membawa Arsenal berada di posisi  teratas Klasemen Sementara Liga Primer Inggris.

Cech mengaku pengalaman bersama tim yang berisi pemain, terutama pemain belakang dari berbagai bangsa seperti saat dia di Chelsea, dan Rennes membuat Cech  belajar bahasa asing selain Inggris.

“Saya selalu berusaha membuat nyaman dalam berkomunikasi dengan para bek, ini penting, kami di barisan pertahanan,” kata dia.

Cech didatangkan Arsenal pada awal musim kompetisi 2015-2016, atau tepatnya Agustus 2015. Mantan penjaga gawang Chelsea ini ditransfer dengan biaya 244 miliar rupiah.

Beberapa bulan sebelum pindah ke Arsenal, Cech sesungguhnya sempat mengutarakan niat akan pensiun di Chelsea, namun dia memutuskan lain pada awal musim kompetisi Liga Primer Inggris 2015-2016.

“Hidup tidak selalu sesuai dengan yang Anda pikirkan, selalu ada perubahan," kata Cech saat memutuskan menerima tawaran Arsenal.

Bergabung ke Chelsea tahun 2004, Cech turun lebih dari 400 pertandingan selama 11 tahun di Chelsea dengan meraih juara Liga Primer empat kali, tiga Piala Liga, satu kali Piala Champions, serta juara Liga Eropa satu kali.

Namun sepanjang musim lalu, dia hanya turun di 16 pertandingan untuk Chelsea.

Jadwal Liga Primer Inggris:

  • Hari Sabtu (2/1/2016) malam WIB:  West Ham United vs Liverpool, Arsenal vs Newcastle United,  Leicester City vs  Bournemouth,  Manchester United vs Swansea City,  Norwich City vs Southampton,  Sunderland vs Aston Villa,  West Bromwich Albion vs Stoke City.

 Hari Minggu (3/1/2016) dini hari WIB:  Watford vs Manchester City, Crystal Palace vs Chelsea, Everton vs Tottenham Hotspur. (soccerway.com/ mirror.co.uk).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home