Loading...
INSPIRASI
Penulis: Herlina Ratu Kenya 01:00 WIB | Rabu, 01 April 2015

Cendana Wangi

Makin keras iklimnya, makin wangi cendananya.
Cendana (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Cendana (Santalum album) terkenal karena wanginya yang khas. Wangi yang khas itu ternyata mempunyai hubungan dengan iklim daerah di mana cendana tumbuh. Makin keras iklimnya, makin wangi cendananya.

Satu ketika saya diutus mengikuti pertemuan dengan dinas kehutanan provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menjelaskan bagaimana menanam cendana sebagai tabungan masa depan keluarga. Hal ini berkaitan dengan program Waingapu go green and clean.

Dalam pertemuan itu, pengetahuan saya bertambah mengenai cendana. Dahulu pohon ini banyak ditemui di Sumba. Tetapi, karena pemerintah memberi hukuman penjara terhadap mereka yang menjualnya—karena termasuk pohon yang dilindungi—masyarakat merasa tanaman Cendana tidak bernilai ekonomi sehingga lama-kelamaan tanaman ini pun makin langka.

Cendana cocok hidup di daerah kering seperti umumnya daerah NTT. Menurut penelitian, makin stres tanaman ini karena cuaca panas atau tanah berbatu, maka aroma wanginya akan semakin meningkat. Aroma Cendana yang tumbuh di NTT ternyata jauh lebih kuat ketimbang yang ditanam di daerah Gunung Kidul.

Penanamannya pun tidak boleh sembarangan. Lubang penanaman harus disiapkan satu bulan sebelumnya sehingga humus sudah menyatu dengan tanah, jaraknya dengan yang lain harus satu meter, ditanam pada musim kering sehingga air tidak terlalu banyak dikonsumsi dan bibit harus diambil dari pohon yang sudah berusia 20 tahun. Jika tidak demikian, maka setelah tumbuh besar dengan sendirinya akan mati. Benar-benar proses yang sulit. Tetapi, itulah yang harus dilakukan jika hendak mendapatkan wangi yang berkualitas. Cendana yang melewati proses tumbuh yang demikian jika sudah berumur 40 tahun untuk satu pohon dapat ditukar dengan satu buah mobil avanza. Suatu harga yang sungguh tidak murah.

Dalam hati saya merenung, betapa cendana juga merupakan gambaran kehidupan. Hidup hanya akan berkualitas kalau bertahan melewati tekanan, masalah, kesulitan, dan penderitaan. Hal-hal yang membuat kita stres, ternyata memiliki manfaat luar biasa yang dapat membuat karakter dan integritas kita makin teruji. Hidup ini akan terasa begitu berharga bila kita bisa melewati perjuangan yang keras dan sulit.

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home