Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:11 WIB | Sabtu, 18 Juli 2020

China Akan Luncurkan Wahana Penelitian di Mars

Gambar tak bertanggal yang dirilis oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China pada 14 November 2019 ini menunjukkan pemandangan tentang tempat peluncuran misi eksplorasi untuk Mars di fasilitas di Huailai di Provinsi Hebei, China utara. (Foto: dok. AFP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China telah memindahkan roket ke tempat untuk meluncurkan wahana penjelajah ke Mars pekan depan dalam salah satu dari tiga misi yang ke planet merah, Satu dari Amerika Serikat, dan satu lagi dari Uni Emirat Arab (UEA) yang peluncurannya tertunda akibat cuaca.

Roket pengangkut Long March-5 adalah kendaraan peluncuran terberat di China dan telah tiga kali diluncurkan secara eksperimental tanpa muatan. Dijuluki Tianwen-1, misi pertama China ke Mars bertujuan mendaratkan wahana untuk mengumpulkan data ilmiah.

Roket itu akan dinyalakan dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di pulau Provinsi Hainan pada 23 Juli, menurut laporan media pemerintah hari Jumat (17/7) yang mengutip Administrasi Luar Angkasa Nasional China.

Misi ini adalah salah satu yang paling ambisius namun untuk program luar angkasa China, yang telah berkembang pesat sejak meluncurkan misi awak pertamanya pada tahun 2003. Sejak itu, China telah mengirim astronot ke stasiun ruang angkasa eksperimental, mulai bekerja pada fasilitas yang lebih besar, lebih permanen dan mendaratkan di sisi jauh dari bulan yang kurang dieksplorasi.

Tiga Misi ke Mars

Tiga misi di musim panas ini adalah dalam upaya yang paling luas yang belum menemukan tanda-tanda kehidupan mikroskopis kuno sambil mengamati Mars untuk astronot masa depan.

Setiap pesawat ruang angkasa akan melakukan perjalanan lebih dari 480 juta kilometer (300 juta mil) sebelum mencapai Mars pada Februari mendatang. Dalam prosesnya, mereka akan keluar di luar orbit Bumi dan menyelaraskannya dengan orbit Mars yang lebih jauh di sekitar matahari.

AS mengirimkan lebih dari satu wahana jelajah yang memiliki enam roda yang dinamai Perseverance untuk mengumpulkan sampel batuan untuk dibawa ke Bumi untuk dianalisis dalam waktu sekitar satu dekade. Tanggal peluncurannya telah ditetapkan antara 30 Juli dan 15 Agustus.

Pesawat ruang angkasa UEA, bernama Amal, bahasa Arab yang berarti harapan, adalah pengorbit yang dibangun dalam kemitraan dengan University of Colorado Boulder dan sekarang dijadwalkan untuk memulai persiapan dari Jepang pada hari Senin. Ini akan menjadi misi antar planet pertama di dunia Arab.

Seperti Apa Mars Itu

Para ilmuwan ingin tahu seperti apa Mars miliaran tahun yang lalu, ketika Mars memiliki sumber air yang mungkin mendukung bentuk kehidupan kecil sebelum berubah menjadi dunia beku seperti sekarang ini.

Sejauh ini, AS telah menjadi satu-satunya negara yang berhasil menempatkan pesawat ruang angkasa di Mars, melakukannya delapan kali. Dua pendarat NASA beroperasi di sana, InSight dan Curiosity. Enam pesawat ruang angkasa lainnya sedang menjelajahi planet ini dari orbit: tiga milik AS, dua milik Eropa dan satu dari India.

Upaya terakhir China dalam misi Mars bekerja sama dengan Rusia berakhir dengan kegagalan pada tahun 2011. Koneksi militer yang erat dengan program luar angkasa China dan kerahasiaan relatif di dalam operasi telah membatasi peluangnya untuk bekerja sama dengan AS dan negara-negara lain. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home