Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:11 WIB | Rabu, 15 Februari 2023

Rusia Masukkan Anak-anak Ukraina Dalam Kamp Bergaya Militer

Anak-anak dari wilayah Donbas, Ukraina, bermain di dekat rumah modular yang disumbangkan oleh pemerintah Polandia untuk pengungsi internal Ukraina, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di Lviv, Ukraina 9 Februari 2023. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Rusia telah menempatkan ribuan anak Ukraina di kamp-kamp di mana mereka menjadi sasaran propaganda Rusia dan adopsi paksa oleh keluarga Rusia, dengan beberapa bahkan menjalani pelatihan militer, menurut laporan yang didukung pemerintah Amerika Serikat dari Universitas Yale.

Kampanye tersebut melanggar Konvensi Jenewa dan dapat dianggap sebagai kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan kemungkinan genosida, kata para peneliti dari Lab Penelitian Kemanusiaan Sekolah Kesehatan Masyarakat Yale. Ini melibatkan anak-anak dari usia empat bulan hingga 17 tahun.

Penelitian ini didukung oleh biro operasi stabilisasi konflik Departemen Luar Negeri AS.

Di Dalam Kamp Bergaya Militer

Sementara itu, setidaknya 6.000 anak dapat dipastikan telah berpartisipasi dalam kamp, ​​para peneliti “berpikir jumlahnya mungkin jauh lebih tinggi,” kata Nathaniel Raymond, seorang peneliti Yale yang mengerjakan laporan tersebut, kepada wartawan dalam konferensi telepon pada hari Selasa (14/2). “Tujuan utama kamp tampaknya adalah pendidikan ulang politik.

Dalam banyak kasus, menurut laporan itu, anak-anak dikirim ke kamp-kamp dari wilayah pendudukan Ukraina termasuk Zaporizhzhia, Kharkiv, Kherson, Donetsk, dan Luhansk. Di dua kamp bergaya militer di Chechnya dan Krimea yang diduduki Rusia, anak-anak diajari cara “menangani peralatan militer, mengemudikan truk, dan mempelajari senjata api”, kata para peneliti.

Beberapa anak yatim piatu Ukraina akhirnya diadopsi atau ditempatkan dengan keluarga asuh Rusia, tetapi laporan itu mengatakan bahwa tidak semua anak-anak ini secara teknis adalah anak yatim – dengan beberapa berasal dari keluarga yang “dalam keadaan sulit.

Rusia menggambarkan program adopsinya sebagai bantuan kemanusiaan untuk anak-anak terlantar.

Para peneliti mengatakan banyak orang tua memberikan persetujuan di bawah paksaan agar anak-anak mereka dibawa pergi, dengan beberapa ingin mengeluarkan anak yang mereka cintai dari zona perang atau ingin mereka diberi makan dengan benar.

Beberapa anak dikembalikan ke orang tua mereka, tetapi yang lain tidak dapat berkomunikasi dengan orang tua mereka atau diblokir untuk pulang. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home