Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:20 WIB | Senin, 07 November 2022

COP27: Pertama Kali, Kompensasi Perubahan Iklim bagi Negara Rentan Dibahas

Delegasi menghadiri upacara pembukaan Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-bangsa 2022, lebih dikenal sebagai COP27, di Pusat Konvensi Internasional Sharm El Sheikh, di resor Laut Merah Mesir dengan nama yang sama. (Foto: AFP)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Delegasi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) iklim COP27 di Mesir sepakat setelah pembicaraan hingga larut malam untuk menempatkan masalah rumit apakah negara-negara kaya harus memberikan kompensasi kepada negara-negara miskin yang paling rentan terhadap perubahan iklim masuk dalam agenda formal untuk pertama kalinya.

Selama lebih dari satu dekade, negara-negara kaya telah menolak diskusi resmi tentang apa yang disebut sebagai kerugian dan kerusakan, atau dana yang mereka berikan untuk membantu negara-negara miskin mengatasi konsekuensi pemanasan global.

Presiden COP27, Sameh Shoukry, mengatakan kepada pleno yang membuka konferensi PBB selama dua pekan tahun ini yang dihadiri oleh lebih dari 190 negara, keputusan tersebut menciptakan “ruang yang stabil secara institusional” untuk diskusi tentang “masalah mendesak tentang pengaturan pendanaan.”

Pada COP26 tahun lalu di Glasgow, negara-negara berpenghasilan tinggi memblokir proposal untuk badan pembiayaan kerugian dan kerusakan, alih-alih mendukung dialog tiga tahun untuk diskusi pendanaan.

Diskusi kerugian dan kerusakan yang sekarang dalam agenda COP27 tidak akan menjamin kompensasi atau harus mengakui tanggung jawab, tetapi dimaksudkan untuk mengarah pada keputusan konklusif “selambat-lambatnya tahun 2024,” kata Shoukry.

Masalah ini dapat menghasilkan lebih banyak ketegangan daripada konferensi sebelumnya tahun ini karena perang Ukraina, lonjakan harga energi, dan risiko resesi ekonomi sekaligus menambah keengganan pemerintah untuk menjanjikan dana dan kebutuhan negara-negara miskin untuk mereka.

Negosiasi pada hari Sabtu (5/11) malam sebelum adopsi agenda “sangat menantang,” Harjeet Singh, kepala strategi politik global di Jaringan Aksi Iklim Internasional, mengatakan. “Negara-negara kaya pada awalnya tidak pernah menginginkan kerugian dan kerusakan di Jadwal acara."

Beberapa mengkritik bahasa yang meremehkan tentang kewajiban, tetapi meskipun lebih lemah dari yang diharapkan, memasukkan masalah ini secara formal ke dalam agenda akan mewajibkan negara-negara kaya untuk terlibat dalam topik tersebut.

Jerman Siap untuk Terlibat

“Mereka benar mengharapkan lebih banyak solidaritas dari negara-negara kaya, dan Jerman siap untuk ini, baik dalam pembiayaan iklim maupun dalam menangani kerusakan dan kerugian,” kata Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, dalam sebuah pernyataan.

Jerman ingin meluncurkan “perisai pelindung terhadap risiko iklim” di konferensi tersebut, sebuah inisiatif yang telah dikerjakan dengan negara-negara rentan seperti Bangladesh dan Ghana.

Badan penelitian lingkungan yang berbasis di Bangladesh, Pusat Internasional untuk Perubahan Iklim dan Pembangunan mengatakan itu adalah “kabar baik” kehilangan dan kerusakan secara resmi dalam agenda.

“Sekarang pekerjaan nyata mulai membuat keuangan menjadi kenyataan,” kata Salmeel Huq, direktur pusat tersebut. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home