Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 16:39 WIB | Senin, 13 Januari 2014

Cuaca Ekstrem Terjadi di Berbagai Negara

Jumpa Pers di Ruang Crisis Centre Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). (Foto: bmkg.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Cuaca ekstrem terjadi bukan hanya di Indonesia, melainkan di berbagai negara seperti turunnya salju di Mesir, Vietnam, Cina Selatan, Amerika Serikat dan suhu dingin di Kanada. Menyikapi kondisi tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengadakan jumpa pers tentang kejadian cuaca ekstrem, Jumat (10/1) di Ruang Crisis Centre.

Menurut Deputi Bidang Klimatologi Dr. Widada Sulistya mengatakan, kondisi temperatur di Negara Mesir pada saat kejadian mencapai suhu -70 celsius; lebih rendah dari biasanya. Di wilayah sebelah Timur Arab terjadi sistem tekanan rendah sedangkan di sebelah Barat terjadi sistem tekanan tinggi.  

Lebih lanjut ia menjelaskan, di negara Kanada saat itu mencapai -90 celsius lebih rendah dari rata-ratanya dan terjadi aliran udara yang kuat dari Utara ke Selatan sehingga menimbulkan cuaca yang dingin. 

Widada mengatakan, hal yang sama juga terjadi di Vietnam ketika kondisi cuaca ekstrem pada Desember 2013, suhu udara mencapai -30C lebih rendah dari rata-ratanya dan terjadi aliran udara yang kuat dari Utara ke Selatan sehingga menimbulkan cuaca yang dingin. Udara dingin di Bagian Selatan Cina dan Utara Vietnam ini bisa berpengaruh terhadap kondisi cuaca di Indonesia. 

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik Drs. R. Mulyono Rahadi Prabowo mengutarakan, hujan dengan intensitas sedang sampai lebat terjadi di wilayah Sumatra bagian Tengah dan Selatan, Kalimantan bagian Barat, Tengah, Selatan, dan Timur, Sulawesi bagian Tengah, Selatan, dan Tenggara, Maluku Utara dan Tengah, Papua bagian Barat dan Tengah, Bali sampai Nusa Tenggara Barat (NTB), sebagian di daerah Jawa bagian Barat, Tengah, dan Timur. (bmkg.go.id

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home