Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 15:56 WIB | Jumat, 15 Maret 2024

Inggris Perkenalkan Definisi Baru Ekstremisme di Tengah Meningkatnya Kejahatan Rasial

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak. (Foto: dok. Ist)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Inggris meluncurkan definisi baru ekstremisme pada hari Kamis (14/3) sebagai respons terhadap maraknya kejahatan rasial terhadap Yahudi dan Muslim sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, meskipun para kritikus mengatakan perubahan tersebut berisiko melanggar kebebasan berpendapat.

Awal bulan ini, Perdana Menteri Rishi Sunak memperingatkan bahwa demokrasi multi etnis Inggris sengaja dirusak oleh ekstremis sayap kanan, dan perlu dilakukan lebih banyak upaya untuk mengatasi masalah ini.

Insiden antisemitisme meningkat sebesar 147 persen pada tahun 2023 ke tingkat tertinggi, yang dipicu oleh serangan tanggal 7 Oktober, menurut Community Security Trust, sebuah badan pengawas keamanan Yahudi.

Tell Mama, sebuah kelompok yang memantau insiden anti Muslim, mengatakan bulan lalu bahwa kejahatan kebencian anti Muslim juga meningkat sebesar 335 persen sejak serangan tersebut.

“Langkah-langkah yang diambil hari ini akan memastikan bahwa pemerintah tidak secara tidak sengaja memberikan platform kepada mereka yang ingin menumbangkan demokrasi dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain,” kata Michael Gove, menteri komunitas yang mengepalai departemen yang menghasilkan definisi ekstremisme baru.

“Ini adalah langkah pertama dari serangkaian tindakan untuk mengatasi ekstremisme dan melindungi demokrasi kita,” kata Gove.

Definisi baru tersebut menyatakan bahwa ekstremisme “adalah promosi atau memajukan ideologi yang didasarkan pada kekerasan, kebencian atau intoleransi,” yang bertujuan untuk menghancurkan hak-hak dasar dan kebebasan; atau melemahkan atau menggantikan demokrasi parlementer liberal di Inggris; atau dengan sengaja menciptakan lingkungan bagi orang lain untuk mencapai hasil tersebut.

Inggris sudah melarang kelompok-kelompok yang dikatakan terlibat dalam terorisme, dan mendukung atau menjadi anggota organisasi-organisasi ini merupakan pelanggaran pidana.

Kelompok militan Palestina Hamas termasuk di antara 80 organisasi internasional yang dilarang di Inggris.

Kelompok yang akan diidentifikasi sebagai ekstremis setelah penilaian “kuat” selama beberapa pekan ke depan tidak akan dikenakan tindakan apa pun berdasarkan hukum pidana dan masih diizinkan untuk mengadakan demonstrasi.

Namun pemerintah tidak akan memberi mereka pendanaan atau bentuk keterlibatan lainnya. Saat ini, belum ada kelompok yang secara resmi ditetapkan sebagai ekstremis berdasarkan definisi sebelumnya yang berlaku sejak tahun 2011.

Gove mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Minggu (10/3) bahwa beberapa demonstrasi pro Palestina berskala besar baru-baru ini di pusat kota London telah diorganisir oleh “organisasi ekstremis,” dan orang-orang mungkin memilih untuk tidak mendukung protes tersebut jika mereka tahu bahwa mereka memberikan kepercayaan kepada kelompok tersebut.

Bahkan sebelum definisi baru diumumkan, para kritikus telah memperingatkan bahwa definisi tersebut dapat menjadi kontra produktif.

“Masalah dengan definisi ekstremisme dari atas ke bawah adalah bahwa ekstremisme menjangkiti orang-orang yang (kita) tidak ingin tangkap,” kata Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, kepala spiritual Persekutuan Anglikan.

“Hal ini mungkin secara tidak sengaja menghambat apa yang kita miliki yang sangat berharga di negara ini, yaitu kebebasan berpendapat yang sangat kuat dan kemampuan untuk sangat berbeda pendapat,” kata Welby kepada Radio BBC pada hari Rabu (13/3).

Lebih dari 50 orang yang selamat atau keluarga korban serangan ekstremis di Inggris juga telah menandatangani surat yang menuduh beberapa politisi mempermainkan militan dengan “menyamakan menjadi Muslim dengan menjadi ekstremis.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home