Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 18:24 WIB | Senin, 09 November 2015

Darmin Nasution Pastikan RI Impor Beras dari Vietnam

Darmin Nasution (Foto: Dok. satuharapan.com/Antara)

DEPOK, SATUHARAPAN.COM - Menko Perekonomian RI, Darmin Nasution, mengatakan pemerintah telah melakukan komitmen impor beras dengan Vietnam. Namun Darmin tidak menyampaikan besaran nilai impor beras dari negara tersebut.

“Impor beras itu sebetulnya kalau sampai dengan akhir tahun ini sudah ada yang kita komit dengan Vietnam. (Sedangkan) Thailand itu berasnya sudah sangat tipis,” kata Darmin Nasution kepada satuharapan.com usai Kuliah Umum di Universitas Indonesia, Depok, hari Senin (9/11).

Menurut Darmin, stok beras Indonesia masih aman hingga akhir tahun 2015. Dia mengatakan pemerintah masih mempertimbangkan waktu yang tepat beras dari Vietnam akan dibawa masuk ke Indonesia .

“Tapi mungkin untuk akhir tahun ini kita itu (stok beras) sudah relatif tidak kurang, tidak mengkhawatirkan lagi,” katanya.

“Kita lihat dulu kekeringannya tinggi atau tidak? Kalau dari Vietnam, itu nanti kita lihat saja di mana perlu akan dibawa masuk (berasnya). Kalau tidak perlu maka kita tidak perlu bawa masuk. Jangan pernah khawatir, ya belum masuk itu barangnya,” kata Darmin menambahkan.

Sebelumnya, Thailand mengklaim Indonesia akan mengimpor beras dari negara itu sebesar 500.000 ton justru di hari yang sama dengan pernyataan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, yang mengatakan Indonesia tidak melakukan impor beras pada tahun 2015.

Menteri Perdagangan Thailand, Apiradee Tantraporn, melalui sebuah pernyataan yang dilansir oleh media setempat mengatakan negara itu akan menandatangani kesepakatan menjual 500.000 ton beras dengan Indonesia, bernilai lebih dari US$ 224 juta, sebagaimana dilansir oleh agweek.com, hari Jumat (6/11).

Thailand yang merupakan nomor dua terbesar pengekspor beras setelah India, memiliki stok beras 13 juta ton. Namun beras yang akan diekspor ke Indonesia adalah hasil panen baru.

"Kami berharap importir beras utama Thailand, khususnya Filipina dan Indonesia, akan mengimpor lebih banyak lagi beras dari Thailand sehubungan dengan kekeringan," kata Apiradee.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home