Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 19:00 WIB | Selasa, 10 Maret 2015

Delapan Kontraktor Bangun Fly-over Terpanjang

Delapan Kontraktor Bangun Fly-over Terpanjang
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bersama Kepala Dinas Bina Marga dan perwakilan delapan kontraktor meresmikan pekerjaan pembangunan jembatan layang khusus busway di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (10/3). (Foto-foto: Francisca Christy Rosana)
Delapan Kontraktor Bangun Fly-over Terpanjang
Yusmada Faizal, Kepala DInas Bina Marga saat memberi sambutan persesmian proyek pembangunan flyover terpanjang.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Upaya demi upaya dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengembalikan ketertarikan masyarakat ke moda transportasi massal.

Setelah menerapkan sistem pembayaran per kilometer untuk Kopaja yang terintegrasi dengan Transjakarta, kini Pemprov juga tengah melakukan pembangunan fly over terpanjang sejauh 9,3 kilometer dari Jalan Tendean – Blok M – Ciledug.

Tak sendiri, Pemprov menggandeng sebanyak delapan kontraktor untuk mengerjakan proyek besar ini. Kontraktor tersebut di antaranya PT Adhi Karya (Persero); PT Yasa Patria Perkasa; PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk; PT Hutama Karya (Persero); PT PP (Presero), Tbk; PT Istaka Karya - PT Agrabudi Karya Marga JO; dan PT Waskita Karya (Persero), Tbk.

Kepala Dinas Bina Marga Yusmada Faizal mengatakan total seluruh proyek membutuhkan anggaran sebesar Rp 2,5 triliun.

“Ada delapan paket yang akan dijalankan delapan kontraktor. Ini  paket jalan layang yang Pemprov DKI laksanakan mempunyai bentang paling panjang untuk saat ini,” ujar Yusmada di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (10/3).

Menurut Yusmada, pembangunan ini sudah ada Analisis Dampak Lingkungan (Amdal)-nya. Sementara ke delapan kontraktor telah melaksanakan kontrak 15 Desember 2014 lalu dan akan menyelesaikannya dalam waktu dua tahun yakni pada 15 Desember 2016.

“Kalau bisa dipercepat, siapa tahu Agustus sudah bisa dijalankan sebagai kado warga DKI saat Proklamasi,” ujar Yusmada.

Dibangunnya fly over ini bertujuan menambah jaringan jalan khusus koridor busway, meningkatkan jangkauan pelayanan busway yang terintegrasi dengan koridor busway yang telah terbangun, dan menciptakan sarana infrastruktur untuk transportasi massal sehingga menarik masyarakat menggunakan transportasi massal. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home