Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 18:58 WIB | Senin, 11 Januari 2016

Delegasi DPR Mengemban Misi Indonesia di Forum Internasional

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Fadli Zon saat pidato di rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, hari Senin (11/1). (Foto: Endang Saputra)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Fadli Zon mengatakan, berkaitan dengan peran diplomasi parlemen, pada masa persidangan III ini, DPR akan terus menata berbagai bentuk kunjungan kerja keluar negeri delegasi DPR agar mengemban misi memperkuat posisi Indonesia di forum Internasional.

"DPR akan mengirim delegasi dalam sidang tahunan ke-24 Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) tanggal 16-21 Januari 2016 di Vancouver, Kanada," kata Fadli Zon saat pidato rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, hari Senin (11/1).

Selain itu, kata Fadli Zon delegasi ke the 11 session of the Parliamentary Union of the OIC Member State (PUIC) Conference tanggal 21-27 Januari 2016 di Baghdad, Irak.

"Delegasi ke sidang APPF membawa misi usulan mengadakan APPF Meeting of Women Parliamentarians yang telah diterima dengan baik oleh seluruh anggota APPF dan untuk pertama kalinya akan diadakan di sidang APPF di Vancouver," kata dia.

Untuk itu, kata Fadli Zon delegasi DPR juga telah mengusulkan 7 draf resolusi berkaitan dengan isu-isu Internasional terkini untuk dibahas di sidang APPF, diantaranya tentang pengurangan konflik di Asia Pasifik, membangun jaringan Parlemen Anti Korupsi, Perlindungan hak-hak dari Economic Migrant dan memperkuat peran parlemen dalam krisis-krisis Humanitarian.

"Sidang PUIC yang akan dilaksanakan di Irak juga diharapkan dapat mencari solusi atas tindakan kekerasan dan teror yang tengah marak berkembang akibat meluasnya kampaye ISIS di berbagai negara," kata dia.

"Dibutuhkan kemampuan diplomasi parlemen dari delegasi DPR agar dapat menjembatani perbedaan yang ada, dan menjadikan diplomasi sebagai solusi beradab dari praktik parlemen modern," dia menambahkan.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home