Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 10:50 WIB | Sabtu, 08 November 2014

Demonstran Hong Kong akan Unjuk Rasa Saat Pertemuan APEC

Demonstran prodemokrasi berdiri jalan barikade di distrik Mongkok, Hong Kong. (Foto: AFP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Para pemimpin demonstrasi di Hong Kong berkeras akan melakukan aksi unjuk rasa di beberapa jalan di Beijing awal pekan ini bersamaan dengan pelaksanaan pertemuan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2014.

Laporan media setempat pada Sabtu menyebutkan, kelompok mahasiswa anggota Federasi Mahasiswa Hong Kong pekan lalu mengancam akan berunjuk rasa saat para pemimpin forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik berkumpul agar tuntutan mereka untuk penyelenggaraan pemilihan umum bebas di Hong Kong didengar.

Sejak beberapa bulan silam mereka telah memprotes keputusan Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional Tiongkok pada 31 Agustus lalu yang menolak keinginan warga Hong Kong untuk memilih sendiri pemimpin kota itu pada 2017.

Terkait penyelenggaraan KTT APEC 2014, pengamanan di seluruh wilayah Beijing ditingkatkan, termasuk di seluruh pintu masuk dan keluar Beijing.

Unit pasukan khusus dikerahkan ke beberapa titik di Beijing, hingga wilayah perbatasan Beijing dengan sejumlah daerah.

Pasukan khusus juga disiagakan di sepanjang jalan yang akan dilalui para delegasi dan pimpinan Ekonomi APEC dari 21 hotel berbintang tempat mereka menginap ke gedung penyelenggaraan pertemuan APEC di China National Convention Center dan Yanqi Lake.

Namun belum dapat dipastikan apakah para mahasiswa dapat memasuki Tiongkok.

Warga Hong Kong bebas mengunjungi Tiongkok selama mereka memiliki izin perjalanan khusus yang dikeluarkan oleh otoritas Tiongkok daratan. Namun, petugas perbatasan Tiongkok berhak melakukan penolakan. (Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home