Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:48 WIB | Kamis, 11 Juni 2015

Dewan Gereja Dunia Kumpul di Armenia Petakan Ziarah Ekumenis

Katedral Etchmiadzin dipercaya sebagai katedral tertua di dunia. (Foto: wikipedia.org)

ETCHMIADZIN, SATUHARAPAN.COM – Memperkenalkan tahun 2015 sebagai “tahun sakral dalam kehidupan umat dan tanah kita”, Karekin II, Patriark Agung dan Katolikos bagi semua orang Armenia, menyambut 20 anggota Komite Eksekutif Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) ke Ibu Takhta Kudus Etchmiadzin pada awal pertemuan semi-tahunan mereka yang berlangsung dari 8-13 Juni.

Sebuah situs tradisional ziarah di jantung spiritual dan bersejarah Gereja Apostolik Armenia Ortodoks, Etchmiadzin (atau Vagharshapat, Republik Armenia) menarik sejumlah besar pengunjung tahun ini dalam rangka memperingati 1,5 juta martir yang meninggal selama Genosida Armenia dimulai pada 1915. Patriark Karekin II, presiden WCC sejak 2013, memberkati karya dewan dan komite eksekutif. Dia menjanjikan dukungan gerejanya dalam pencarian persatuan dan menyatakan keinginannya rakyatnya untuk “membebaskan korban” di tengah konflik di dunia saat ini, “terutama ketika ekstremisme agama mengarah pada kekerasan.”

Moderator WCC Agnes Abuom menyatakan terima kasih dari komite eksekutif karena telah diundang dan murah hati ke Armenia pada waktu yang signifikan baik dalam kehidupan bangsa dan di WCC karena melakukan “ziarah keadilan dan perdamaian” yang diamanatkan oleh Sidang Raya ke-10 WCC di Busan, Korea pada 2013. Dia dan dua wakil moderator WCC, Metropolitan Gennadios dari Sassima dan Uskup Methodist Mary Ann Swenson, berbagi renungan peringatan ulang tahun Armenia di banyak bagian dunia.

Di bawah kepemimpinan Abuom itu, komite eksekutif akan meninjau laporan dari bidang program dan badan-badan konsultatif, mempertimbangkan draft laporan tentang isu-isu publik, berbagi informasi dari gereja dan daerah mereka sendiri, serta memulai diskusi dari proses untuk pemilihan komite eksekutif baru di musim panas 2016.

Komite eksekutif dijadwalkan untuk menyetujui kebijakan mendefinisikan kriteria yang jelas untuk memperkenalkan proyek-proyek baru dalam konteks rencana strategis WCC. Salah satu contoh untuk diskusi adalah integrasi dari Aliansi Advokasi Ekumenikal yang sebelumnya independen ke dalam pekerjaan yang sedang berlangsung di WCC. Penambahan dan perubahan dalam kebijakan dan program akan dibahas dalam kerangka prioritas yang timbul dari komitmen untuk ziarah keadilan dan perdamaian.

Setelah disetujui anggaran 2015 untuk dewan pada pertemuan mereka tahun lalu, komite eksekutif akan memeriksa amendemen yang harus dilakukan di kantor Jenewa karena penyesuaian yang tak terduga oleh Swiss National Bank pada nilai tukar untuk franc Swiss.

Sebuah fitur dari hari pembukaan adalah laporan peristiwa tahun lalu oleh Sekretaris Umum WCC Rev. Dr Olav Fykse Tveit. Ia menganalisis pekerjaan dewan dalam mengatasi perubahan iklim, proses perdamaian di antara berbagai negara, pencarian keadilan ekonomi dan kerja sama antaragama dan komitmen bersama.

Sepanjang sambutannya, Tveit mengangkat “motif pemersatu dari Ziarah Keadilan dan Perdamaian” sebagai pengingat bagi umat Kristen bahwa “kita dipanggil untuk bergerak bersama dalam iman.”

Ia melanjutkan, “Berbagi bersama kekayaan berada di persekutuan dengan Allah Tritunggal dan dengan satu sama lain, kita menemukan cara-cara baru untuk bergerak maju. Kehadiran Allah di dunia, khususnya di kalangan marginal, tertindas, miskin dan korban ketidakadilan dan perang, yang akan dieksplorasi dalam ziarah kita bersama keadilan dan perdamaian.”

Berterima kasih pada panitia di Armenia dan mencatat signifikansi dalam menghormati para martir dari seratus tahun yang lalu, Tveit ingat bahwa “WCC adalah salah satu organisasi internasional pertama yang mengakui tragedi itu sebagai genosida, membuat pernyataan bahwa selama Sidang Raya ke-6 di Vancouver pada 1983.” (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home