Loading...
INSPIRASI
Penulis: Yoel M Indrasmoro 14:12 WIB | Jumat, 30 Agustus 2013

Di Atas Langit Masih Ada Langit

foto: ymindrasmoro

SATUHARAPAN.COM – ”Barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan” (Luk. 14:11). Demikianlah nasihat Yesus kepada para murid-Nya. Namun, itu bukanlah sikap rendah diri, Sang Guru sedang menekankan kerendahan hati. Kerendahan hati berdasarkan pemahaman bahwa di atas langit masih ada langit. Dan sikap rendah hati, menurut Yesus, akan lebih menguntungkan ketimbang tinggi hati.

Menurut William Barclay, meski Thomas Hardy begitu terkenal sehingga setiap koran akan dengan senang hati memuat naskahnya, dia senantiasa menyertakan perangko dan amplop yang sudah diberi alamat untuk menjaga kemungkinan jika naskahnya laik terbit. Thomas Hardy tak berasumsi bahwa setiap naskahnya pasti dimuat. Sebuah langkah jitu. Jika naskahnya ditolak, dia takkan sakit hati.

Dalam bukunya Golok Pembunuh Naga dan Pedang Langit, Chin Yung berulang kali menyatakan bahwa seorang gagah akan melihat kegagahan dalam diri orang lain. Dua orang besar akan saling menghargai satu sama lain. Sedangkan pertemuan dua orang yang bersifat kerdil dan berpikiran sempit hanya berbuahkan pertarungan—untuk membuktikan siapa yang lebih hebat.

Sejatinya, sikap tinggi hati setali tiga uang dengan rendah diri. Biasanya, orang rendah diri akan menutupi ketidakpercayaan dirinya dengan mengambil sikap sombong. Sebaliknya, orang rendah hati biasanya mempunyai rasa percaya diri tinggi karena telah mampu menerima kelemahan dan kekuatannya secara wajar. Sehingga dia mampu menerima kelemahan dan kekuatan orang lain pula.

Jika belum menerima kelemahan sendiri, jangan harap kita mampu menerima kelemahan orang lain—dan ujung-ujungnya penghakiman terhadap orang lain. Sebaliknya, hanya orang yang telah menerima kekuatan dirinyalah, yang akan mampu menerima kekuatan orang lain—sehingga jauh dari rasa iri! Percayalah!

 

editor: ymindrasmoro

email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home