Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:24 WIB | Selasa, 03 Mei 2022

Di Kharkiv, Ukraina, Kematian Ada di Mana-mana, Sulit Dijelaskan

Di Kharkiv, Ukraina, Kematian Ada di Mana-mana, Sulit Dijelaskan
Mayat pria tak dikenal, diyakini tentara Rusia, diatur dalam huruf Z, simbol invasi Rusia, tergeletak di dekat sebuah desa yang baru-baru ini direbut kembali oleh pasukan Ukraina di pinggiran Kharkiv, Ukraina, Senin, 2 Mei 2022. Kharkiv memiliki nuansa kamar mayat terbuka, di mana orang mati terbaring tidak diklaim dan tidak dapat dijelaskan, kadang-kadang selama berminggu-minggu, ketika pasukan Ukraina dan Rusia berjuang untuk menguasai sebidang tanah. (Foto-foto: AP/Felipe Dana)
Di Kharkiv, Ukraina, Kematian Ada di Mana-mana, Sulit Dijelaskan
Mayat seorang warga sipil terbaring di sebuah apartemen saat pemboman Rusia berlanjut di sebuah desa yang baru-baru ini direbut kembali oleh pasukan Ukraina di dekat Kharkiv, Ukraina, Sabtu, 30 April 2022.

KHARKIV, SATUHARAPAN.COM-Pinggiran kota Kharkiv di Ukraina memiliki nuansa kamar mayat terbuka, di mana orang mati terbaring tidak diklaim dan tidak dapat dijelaskan, kadang-kadang selama berminggu-minggu, ketika pasukan Ukraina dan Rusia berebut untuk menguasai sebidang tanah.

Ada tubuh seorang pria yang hangus, tidak dapat diidentifikasi, disandarkan pada penghalang anti tank yang terbuat dari balok di luar kota yang telah di bawah kendali kedua belah pihak dalam beberapa hari terakhir.

Ada tentara yang tewas, tampaknya tentara Rusia, empat di antara mereka diatur dalam huruf Z seperti simbol militer yang ditemukan pada kendaraan lapis baja Rusia, terlihat oleh drone Rusia yang terus-menerus berdengung di atas. Pintu apartemen terbuka untuk tiga mayat di dalamnya.

Bagaimana tepatnya semua ini terjadi kemungkinan besar tidak akan pernah diketahui. Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, terus menerus diserang Rusia sejak awal perang pada akhir Februari. Dengan meningkatnya serangan Rusia di timur, serangan gencar Rusia semakin ganas.

Dianggap sebagai hadiah strategis dan industri, wilayah di pinggiran kota timur telah bolak-balik dikuasai antara pasukan Rusia dan Ukraina selama berminggu-minggu saat pertempuran bergeser dari desa ke desa. Banyak, tetapi tidak semuanya, dari satu juta penduduk Kharkiv telah melarikan diri.

Wartawan Associated Press melihat mayat-mayat itu dibentuk menjadi huruf Z, mengenakan pita lengan putih yang biasa digunakan oleh tentara Rusia, dan dengan beberapa peralatan medis Rusia di samping mereka.

Mereka ditemukan di garis depan di mana pertempuran telah berlangsung selama berhari-hari. Mereka, bersama dengan pria yang terbakar, dibawa ke kamar mayat pada hari Senin (2/5). Tidak ada penjelasan untuk formasi Z, simbol invasi Rusia, atau tubuh yang terbakar yang disandarkan pada penghalang beton. Keduanya dapat dianggap sebagai kejahatan perang, karena tidak menghormati martabat orang mati.

Selanjutnya akan datang penyelidikan identitas mereka, mungkin upaya untuk memberi tahu keluarga.

Tetapi bahkan itu sulit untuk diurai. Mayat seorang pria dengan lencana Ukraina ternyata memiliki surat-surat identitas seorang tentara Rusia. Apartemen tempat ketiga mayat itu ditemukan telah rusak parah, tetapi tidak jelas apa yang membunuh mereka.

Penembakan dan serangan udara adalah ancaman harian di mana-mana di sini, bagi semua orang. Dan, selama itu tetap terjadi, kematian bisa datang kapan saja, tanpa ada yang menjawab mengapa.

Itu adalah pandangan yang langka tentang kematian dan kekejaman perang. Mendapatkan gambaran lengkap tentang pertempuran yang sedang berlangsung di Ukraina timur itu sulit, karena serangan udara dan serangan artileri telah membuat sangat berbahaya bagi wartawan untuk bergerak.

Rusia sangat membatasi pelaporan di zona pertempuran; pemerintah Ukraina telah memberlakukan batasan yang lebih sedikit, sebagian besar tentang seberapa cepat materi dapat dipublikasikan atau tentang instalasi militer.

Di Washington pada hari Senin, seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat mengatakan pasukan Ukraina selama 48 jam terakhir berhasil mendorong pasukan Rusia lebih jauh dari Kharkiv, bahkan ketika mereka berada di bawah pemboman udara Rusia.

Rusia sekarang telah didorong sekitar 40 kilometer (25 mil) ke timur kota, lebih jauh ke wilayah Donbas, kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas penilaian militer AS.

Menurut Palang Merah, memutilasi mayat dalam konflik bersenjata internasional termasuk yang disebut sebagtai kejahatan perang. Itu "melakukan penghinaan terhadap martabat pribadi" di bawah Statuta Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), yang menurut Elemen Kejahatan juga berlaku untuk orang mati. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home