Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:48 WIB | Jumat, 06 Mei 2022

Delegasi Kongres: AS Dukung Ukraina Sampai Mengalahkan Rusia

Delegasi Kongres: AS Dukung Ukraina Sampai Mengalahkan Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, kanan tengah, dan Ketua Kongres AS, Nancy Pelosi, berjabat tangan selama pertemuan mereka di Kiev, Ukraina, Sabtu, 30 April 2022. (Foto-foto: Kantor Pers Kepresidenan Ukraina via AP)
Delegasi Kongres: AS Dukung Ukraina Sampai Mengalahkan Rusia
Ketua Kongres AS Nancy Pelosi, tengah, tiba dengan delegasinya sebelum pertemuannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, di Kiev, Ukraina, Sabtu, 30 April , 2022.
Delegasi Kongres: AS Dukung Ukraina Sampai Mengalahkan Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, ketiga dari kanan, dan Ketua Kongres AS Nancy Pelosi, ketiga dari kiri, berbicara selama pertemuan mereka di Kiev, Ukraina, Sabtu , 30 April 2022.
Delegasi Kongres: AS Dukung Ukraina Sampai Mengalahkan Rusia
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, kanan, memberikan Ordo Putri Olga, kelas tiga, kepada Ketua DPR AS Nancy Pelosi di Kiev, Ukraina, Sabtu , 30 April 2022.

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Delegasi kongres Amerika Serikat yang dipimpin Ketuanya, Nancy Pelosi, memuji keberanian rakyat Ukraina dalam sambutannya saat berkunjung ke Polandia pada hari Minggu (1/5), sehari setelah kunjungan mendadak ke Kiev untuk bertemu dengan Presiden Volodymr Zelenskyy.

Para legislator Amerika menilai kebutuhan Ukraina untuk fase perang berikutnya, dengan Pelosi bersumpah bahwa Washington akan mendukung negara itu sampai mengalahkan Rusia.

Pelosi, seorang Demokrat California yang berada di urutan kedua dalam kursi kepresidenan setelah wakil presiden, adalah anggota parlemen Amerika paling senior yang mengunjungi Ukraina sejak invasi militer Rusia dimulai lebih dari dua bulan lalu. Kunjungannya yang sebelumnya tidak diumumkan itu terjadi hanya beberapa hari setelah Moskow mengebom ibu kota Ukraina saat sekretaris jenderal PBB berada di sana.

Pelosi dan setengah lusin anggota parlemen AS bertemu selama tiga jam pada hari Sabtu (30/4) malam dengan Zelenskyy dan para pembantu utamanya untuk mendapatkan penilaian langsung dari upaya perang hingga saat ini.

Berbicara kepada wartawan pada hari Minggu di Polandia, para anggota delegasi dengan suara bulat memuji pertahanan Ukraina sejauh ini, dalam menggambarkan pertempuran satu pihak sebagai yang baik melawan kejahatan dan dalam memastikan dukungan militer, kemanusiaan dan ekonomi jangka panjang AS yang berkelanjutan.

"Kami bangga menyampaikan kepadanya pesan persatuan dari Kongres Amerika Serikat, pesan penghargaan dari rakyat Amerika atas kepemimpinannya dan kekaguman kepada rakyat Ukraina atas keberanian mereka," kata Pelosi.

Kunjungan mereka terjadi dua hari setelah Presiden AS, Joe Biden, meminta Kongres sebesar US$ 33 miliar untuk mendukung perjuangan Ukraina melawan Rusia, lebih dari dua kali ukuran bantuan awal sebesar US$ 13,6 miliar yang disahkan Kongres awal bulan lalu dan sekarang hampir habis.

Dengan perang yang memasuki bulan ketiga, tindakan itu dirancang untuk memberi sinyal kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, bahwa persenjataan AS dan bentuk bantuan lainnya tidak akan hilang. “Inilah saatnya kita membela demokrasi atau kita membiarkan otokrasi berkuasa,” kata Gregory Meeks, seorang Demokrat dari New York.

“Ini adalah perjuangan kebebasan melawan tirani,” kata Adam Schiff, seorang Demokrat dari California. “Dan dalam perjuangan itu, Ukraina berada di garis depan.”

Jason Crow, seorang Demokrat dari Colorado, seorang veteran dan anggota komite intelijen dan angkatan bersenjata, mengatakan dia datang ke Ukraina dengan tiga bidang fokus: “Senjata, senjata, dan senjata.”

“Kami harus memastikan Ukraina memiliki apa yang mereka butuhkan untuk menang. Apa yang telah kita lihat dalam dua bulan terakhir adalah keganasan mereka, kebanggaan mereka yang kuat, kemampuan mereka untuk bertarung dan kemampuan mereka untuk menang jika mereka memiliki dukungan untuk melakukannya.”

“Amerika Serikat dalam hal ini untuk menang, dan kami akan mendukung Ukraina sampai kemenangan diraih,” tambahnya.

Delegasi kongres penuh termasuk Meeks, yang memimpin Komite Urusan Luar Negeri DPR; Schiff, yang mengepalai Komite Intelijen Kongres; Jim McGovern dari Massachusetts yang mengetuai House Rules Committee; Crow, Barbara Lee dari California; dan Bill Keating dari Massachusetts.

"Kalian semua dipersilakan," kata Zelenskyy kepada delegasi tersebut, menurut video pertemuan yang dirilis oleh kantornya.

Pelosi mengatakan kepada Zelenskyy: "Kami percaya bahwa kami mengunjungi Anda untuk mengucapkan terima kasih atas perjuangan Anda untuk kebebasan."

“Kami berada di perbatasan kebebasan dan perjuangan Anda adalah perjuangan untuk semua orang. Komitmen kami adalah untuk berada di sana untuk Anda sampai pertarungan selesai,” tambah Pelosi.

Delegasi melanjutkan perjalanannya di Polandia tenggara, dan para anggota kemudian mengunjungi ibu kota, Warsawa, untuk bertemu dengan Presiden Andrzej Duda dan pejabat senior lainnya. Polandia telah menerima lebih dari tiga juta pengungsi dari Ukraina sejak Rusia melancarkan perangnya pada 24 Februari.

“Kami berharap dapat berterima kasih kepada sekutu Polandia kami atas dedikasi dan upaya kemanusiaan mereka,” kata Pelosi.

McGovern mengatakan perang Rusia memiliki dampak jauh di luar Ukraina, dengan mengatakan itu memperburuk krisis pangan yang akan menjadi bencana bagi orang miskin di seluruh dunia. “Perang brutal Putin bukan lagi hanya perang melawan rakyat Ukraina,” kata McGovern. “Ini juga perang melawan yang paling rentan di dunia.”

Dia menambahkan bahwa Ukraina adalah "keranjang pangan dunia. Saya tidak berpikir bahwa Putin peduli jika dia membuat dunia kelaparan,” kata McGovern. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home