Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:58 WIB | Selasa, 11 Agustus 2015

DKI Dorong Warga Tanam Sayuran di Rumah

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendorong masyarakat menanam tanaman hidroponik untuk mengatasi kelangkaan suplai sayur selama musim kemarau.

“Mau nggak mau, orang harus kita dorong ke hidroponik. Kayak rumah-rumah susun supaya kebutuhan sayur itu bisa kita dapetin di lokasi sendiri,” ujar Ahok saat ditemui di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (11/8).

Penanaman tanaman hidroponik menurut mantan Bupati Belitung Timur itu memang sudah mulai dilakukan di beberapa lokasi, seperti Banjir Kanal Timur (BKT). Hal ini dilakukan karena masyarakat Jakarta masih mengandalkan suplai sayuran segar dari daerah-daerah penyangga.

Selain itu, bila musim kering tiba, kelangkaan pasokan sayuran seringkali membuat harga di pasar meroket tinggi. Untuk mengendalikan harga akibat tingginya permintaan yang tak diimbangi dengan minimnya komoditas membuat pemprov harus berpikir keras. Namun demikian, Ahok mengatakan DKI tak mungkin mengimpor sayur.

“Kalau musim kering memang nggak ada pilihan. Pasti lebih mahal. Itu hukum dagang. Tapi nggak mungkin impor sayur kan,” kata Ahok.

Ahok berharap di musim kering selanjutnya, masyarakat lebih siap dengan pasokan sayur yang dibudidayakan sendiri, tanpa menunggu pasokan dari daerah lain. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home