Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 17:13 WIB | Jumat, 03 Februari 2017

DPR Desak KNKT Lakukan Penyelidikan Peristiwa Pesawat Garuda

Pesawat Garuda GA 258 di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta hari Rabu (1/2). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anggota Komisi V DPR RI Mohamad Nizar Zahro mendesak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan penyelidikan terkait peristiwa tergelincirnya pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 258 di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

“Kejadian yang berulang ini mengindikasikan transportasi udara masih bermasalah. Sekelas Pesawat Garuda bisa tergelincir. Ini ada apa?,” kata Nizar Zahro, di Jakarta, hari Kamis (2/2).

Menurutnya insiden tergelincirnya pesawat acapkali terjadi yang berujung kecelakaan pesawat. Seolah berbagai insiden tidak dijadikan pelajaran dalam rangka melakukan pencegahan kecelakaan serupa di kemudian hari.

Nizar berpendapat, penyebab insiden tergelincir pesawat selalu sama. Yakni human error, moda transportasinya bermasalah dan cuaca. Atas dasar itulah Nisar meminta kepada KNKT untuk menyelidiki insiden tergelincirnya pesawat Garuda tersebut.

Jika penyebabnya karena human error maka harus ditindak tegas agar memberi efek jera kepada pilotnya dan memberi peringatan kepada pilot lainnya agar lebih waspada.

Namun bila tenyata penyebabnya disebabkan pesawat Garuda yang bermasalah , maka mesti dilakukan perbaikan total terhadap pesawat tersebut. Apalagi tergelincir Garuda tersebut berselang kasus dugaan suap pembelian mesin Garuda.

“Apakah ada kaitannya dengan insiden ini, KNKT harus juga memeriksa kelayakan dari mesin Garuda,” kata dia.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home