Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Bayu Probo 08:51 WIB | Senin, 26 Agustus 2013

Drama di Sirkuit Masaryk

Ekspresi Marquez seusai menang di Sirkuit Masaryk, Brno, Republik Ceko, (25/8). (Foto: motogp.com)

BRNO, SATUHARAPAN.COM – Balapan MotoGP di Republik Ceko kemarin siang waktu setempat (25/8)  penuh drama. Marquez, sang rookie, menang di sirkuit ini karena sabar menunggu momen. Carl Crutchlow yang pada babak kualifikasi menempati urutan pertama, jatuh dan finish di urutan ke-17.

Sehari sebelumnya di sirkuit bernama  Tomáš Masaryk, untuk menghormati presiden pertama Republik Ceko, terjadi kejutan. Pada babak kualifikasi, untuk kedua kali Carl Crutchlow menempati posisi pertama. Sebelumnya di Belanda. Posisi kedua ditempati pebalap Spanyol dari tim Honda Gresini, Alvaro Bautista. Posisi ketiga hingga kelima diisi tiga pebalap yang sedang bersaing ketat: Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo. Valentino Rossi start di posisi ketujuh.

Namun, sewaktu pertandingan dimulai, Lorenzo langsung menyodok ke depan dan memimpin balapan. Jauh di depan Marquez dan Pedrosa. Crutchlow yang keteteran berada di belakang mereka. Bautista sibuk bertarung dengan Rossi. Malangnya, pada putaran kedelapan Crutchlow jatuh. Walaupun bangkit dan mengikuti balapan lagi, posisinya terpuruk di urutan ke-17. Padahal, sebelumnya ia berharap melalui balapan ini, ia bisa naik podium kelima kali dalam seri ini. Rekan setimnya di Yamaha Tech3, Bradley Smith juga mengalami nasib buruk. Ia mengawali balapan dari posisi keenam dan sempat bersaing dengan Rossi, tetapi jatuh di tikungan sembilan dan harus keluar dari sirkuit.

Pagi itu di kota terbesar kedua Republik Ceko, cuaca tidak menentu. Pada lap kesembilan, bendera putih sempat dikibarkan, memberi kesempatan pebalap untuk berganti motor. Namun, rupanya tidak digubris satu pun.

Jorge Lorenzo, terus memimpin dibuntuti Marquez dan Pedrosa. Namun, pada lap ke-15, Marquez berhasil menyodok ke depan. Sempat direbut Lorenzo di lap ke-18. Namun, saat balapan tinggal menyisakan empat putaran, Marquez berhasil menyalip lagi. Petaka bertambah saat Pedrosa pun berhasil merebut posisi kedua. Lorenzo harus puas di posisi ketiga.

Atas kemenangan pada balapan 22 putaran ini, Marquez makin kokoh di puncak klasemen pebalap sementara dengan perolehan 213 poin. Pedrosa berada di tempat kedua dengan 187 poin, diikuti Lorenzo dengan 169 angka. Marquez, yang menang empat kali berturut-turut, kini menyamai rekor Valentino Rossi. Rossi pada 2008 juga menang empat kali berturut-turut. Pada balapan di Brno ini, Rossi ada si posisi keempat.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home