Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Bayu Probo 10:17 WIB | Senin, 19 Agustus 2013

Marc Marquez Menjuarai MotoGP Indianapolis

Marc Márquez di podium Indianapolis Motor Speedway. (Foto: indystar.com)

INIDIANAPOLIS, SATUHARAPAN - Marc Márquez menjuarai MotoGP di Indianapolis, Amerika Serikat. Pemuda warga negara Spanyol itu mengalahkan Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. Mereka finis di urutan kedua dan ketiga.

Pada balapan Senin (19/8/2013) dini hari WIB tadi, Márquez yang menempati posisi start pertama sempat kehilangan penguasaan balapan sehingga posisinya melorot di belakang Lorenzo dan Pedrosa. Ia baru naik ke posisi dua pada putaran ke-9 dan memimpin lomba mulai lap ke-13.

Kemenangan Márquez memastikan ia memenangi setiap sesi yang ia ikut pada akhir pekan ini. Terakhir,  pebalap Casey Stoner mendominasi Grand Prix Australia tahun lalu. Juga, ini menandai kemenangannya tiga kali berturut-turut di kelas utama balap, MotoGP. Márquez juga  menyapu bersih keberhasilan Amerika musim ini, setelah juga menang di Texas dan Laguna Seca.

Márquez kokoh di puncak peringkat sementara MotoGP dengan  188. Pedrosa ada di posisi kedua dengan nilai 167. Lorenzo berada di posisi ketiga dengan nilai 153.

Pada balapan di arena Indianapolis Motor Speedway ini Valentino Rossi yang memulai start dari posisi sembilan akhirnya menyelesaikannya di posisi ke empat. Untuk Pedrosa dan Lorenzo, ini kali pertama mereka naik podium sejak di Barcelona sekitar dua bulan lalu.

Marc Márquez adalah fenomena menarik di balapan kelas 1.000 cc ini. Sebelumnya ia adalah juara kelas 125 cc dan Moto2, kelas 600 cc. Untuk pemula di kelas utama, prestasinya mengagumkan. Pada seri perdana di Qatar, ia naik podium di posisi ketiga. Pada seri kedua di Circuit of the Americas, Texas, ia menjadi juara termuda. Ia masih 20 tahun 2 bulan memecahkan rekor sebelumnya saat atas nama Freddie Spencer yang menjadi juara pada umur 21 tahun—bertahan 30 tahun.

Yang paling fenomenal adalah sewaktu ia ikut balapan seri ke-9. Sirkuit Laguna Seca, California, adalah sirkuit pertamanya. Karena sirkuit ini hanya menandingkan kelas-kelas utama. Di seri ini ia juara. Ia pertama kali dalam sejarah yang melakukannya.

Seandainya peformanya sangat bagus hingga akhir seri, bisa jadi ia menjadi pemula pertama yang menjuarai seri MotoGP ini. Semoga. (motogp.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home