Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:29 WIB | Senin, 10 Agustus 2015

Dua Kabupaten Siapkan Dana untuk Rute Aman Sekolah

Ilustrasi: Rute Aman Selamat Sekolah (Foto:Dok. satuharapan.com/dephub.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Bupati Banteang, Prof Dr Ir Nurdin Abdulah, begitu antusias saat ditawari program Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) oleh Kementerian Perhubungan.

Program keselamatan sekolah, sebenarnya sudah dilakukan di Kabupaten Bantaeng sejak enam tahun lalu. Seluruh jalan protokol di Kota Bantaeng sudah dibuatkan trotoar untuk pejalan kaki. Rambu-rambu lalu lintas yang terpasang di sekitar zona sekolah dibuat berbeda dengan rambu rambu lalu lintas biasanya. Keselamatan warganya menjadi prioritas.

Lulusan Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Hasanuddin, yang kemudian menyelesaikan gelar master dan doktornya dari Universitas Kyushu, Jepang itu, menjelaskan, sejak program keselamatan sekolah diterapkan, kepala sekolah dan guru harus sudah hadir di sekolah sebelum muridnya datang ke sekolah.

"Kepala sekolah dan gurulah, yang menjemput murid-murid di sekolah. Mereka juga yang menjemput atau menyeberangkan anak-anak sekolah pada saat datang ke sekolah atau pulang dari sekolah," kata Nurdin

Untuk sekolah-sekolah di pedesaan, ada angkutan pedesaan yang dikelola oleh kecamatan, yang dananya berasal dari APBD. "Jadi tidak ada anak-anak di Bantaeng yang tidak sekolah dengan alasan tidak ada kendaraan. Karena pemerintahlah yang menyediakan anggarannya," kata Nurdin.

Bantuan dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan Zona Selamat Sekolah (ZoSS), trotoar, halte rambu lalu lintas di sekitar sekolah, serta bantuan bus sedang, tentunya akan semakin meningkatkan program keselamatan sekolah di kabupaten yang menjadi kaki dari pulau Sulawesi ini.

Alokasi dana APBD untuk anak sekolah, juga dilakukan oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Widyastuti. Kebijakan ini dilakukan, karena keprihatinan terhadap angka kecelakaan di Tabanan yang cukup tinggi. Yang lebih memprihatinkan, selain korbannya anak-anak, pelakunya juga anak-anak dan remaja yang sebenarnya belum cukup umur untuk mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Bupati Ni Putu Eka Widyastuti, begitu peduli akan keselamatan anak-anak. Apalagi selain korbannya anak-anak, pelakunya juga anak-anak," kata I Wayan Miarsana, Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Tabanan.

Bupati Ni Putu Eka Widyastuti melarang anak-anak menggunakan kendaraan roda dua ke sekolah. Sebagai gantinya, dikerahkan sekitar 70 kendaraan angkutan umum untuk melayani 12 trayek dari dan menuju sekolah.

Pada saat-saat jam sekolah, 70 angkutan ini bertugas mengantar anak-anak ke sekolah. Begitu juga pada saat jam pulang, angkutan kota ini mengantarkan anak-anak dari sekolah ke rumah masing-masing. Dua trip dan gratis.

Di luar jam pergi dan pulang sekolah, angkutan umum ini beroperasi seperti biasa melalui rute-rute yang telah ditentukan. Pola ini seperti simbiosis mutualisma. Keselamatan anak-anak sekolah terjamin, angkutan kotanya juga mendapat penumpang, meski pembayarannya dilakukan oleh pemerintah daerah.

Untuk menjemput dan mengantar anak-anak sekolah, keterbatasan armada memang menjadi salah stau kendala. Untuk itu Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melalui Program Rute Aman Selamat Sekolah akan memberikan bantuan bus sedang sebanyak tiga buah, untuk Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Tabanan yang menjadi pilot project dari program ini.

Dirjen Perhubungan Darat Djoko Sasono menjelaskan, bus bantuan itu pada saat jam pergi dan pulang sekolah, diwajibkan mengangkut anak-anak sekolah. Di luar jam itu, boleh digunakan untuk angkutan umum. "Bus bantuan ini sifatnya stimulan. Dengan anggaran yang ada, diharapkan ke depannya masing-masing kabupaten bisa menambah sendiri bus sekolah sesuai dengan anggaran yang tersedia," kata Joko.

Penunjukan Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Tabanan sebagai pilot project RASS karena kedua kabupaten itu siap melaksanakannya. Pemerintah pusat juga sudah menyeleksi dan menyatakan kedua kabupaten itu bersedia mengaloksikan dana APBD untuk program ini.

Baik Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, maupun Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Tabanan, I Wayan Miarsana berjanji akan mengalokasikan dana APBD untuk program keselamatan anak sekolah. (dephub.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home