Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 10:55 WIB | Minggu, 17 Desember 2023

Dua Pria AS Ditangkap dan Didakwa Karena Bunuh 3.600 Burung

Seekor elang botak terbang di Taman Nasional Loess Bluffs di Montana, AS. (Foto: dok. AP/Charlie Riedle)

MONTANA, SATUHARAPAN.COM-Dua pria di Montana, Amerika Serikat membunuh sekitar 3.600 burung, termasuk elang botak dan elang emas, dalam “pembunuhan besar-besaran” di Flathead Indian Reservation di Montana dan di tempat lain. Dia kemudian menjual bagian tubuh elang di pasar gelap yang telah menjadi masalah jangka panjang bagi pejabat satwa liar AS, menurut laporan dakwaan dewan juri federal.

Menurut dakwaan, dua pria tersebut bekerja sama dengan orang lain untuk berburu dan membunuh burung-burung tersebut, dan setidaknya dalam satu kasus, mereka menggunakan bangkai rusa untuk memancing seekor elang yang ditembak. Kedua terdakwa berkonspirasi dengan orang lain yang tidak disebutkan namanya untuk menjual bulu, ekor, sayap, dan bagian tubuh elang lainnya dengan harga “uang tunai dalam jumlah besar” di seluruh Amerika Serikat dan tempat lain, kata dakwaan.

Simon Paul, 42 tahun, dari St. Ignatius, Montana dan Travis John Branson, 48 tahun, dari Cusick, Washington, menghadapi 13 dakwaan perdagangan ilegal elang botak dan elang emas dan masing-masing satu dakwaan konspirasi dan pelanggaran undang-undang perdagangan satwa liar.

Pesan teks yang diperoleh penyelidik menunjukkan Branson dan yang lainnya mengatakan kepada pembeli bahwa dia “sedang melakukan pembunuhan besar-besaran” untuk mengumpulkan lebih banyak bulu ekor elang untuk dijual di masa depan, menurut dakwaan yang menggambarkan Paul sebagai “penembak” Branson.

Surat dakwaan mengatakan pembunuhan dimulai pada Januari 2015 dan berlanjut hingga 2021 di dekat Ronan, Montana, di Flathead Reservation, rumah dari Konfederasi Suku Salish dan Kootenai. Namun tidak disebutkan berapa banyak dari 3.600 burung yang dibunuh itu adalah elang.

Penembakan ilegal adalah penyebab utama kematian elang emas, menurut penelitian pemerintah baru-baru ini.

“Kami hanya berharap jika orang-orang ini terbukti bersalah, hal ini akan menjadi peringatan bagi orang lain bahwa kami sedang mengawasinya,” kata Rich Janssen, direktur Departemen Sumber Daya Alam suku tersebut. Ia mengatakan, anggota suku tersebut menggunakan bulu elang untuk pakaian tradisional dan upacara penghormatan.

Penegakan hukum suku terlibat dalam penyelidikan Paul dan Branson, namun Janssen tidak tahu mengapa mereka membutuhkan waktu lama untuk didakwa.

Elang botak adalah simbol nasional Amerika Serikat, dan elang botak maupun elang emas secara luas dianggap suci oleh suku Indian Amerika. Undang-undang AS melarang siapa pun tanpa izin untuk membunuh, melukai atau mengganggu elang atau mengambil bagian apa pun seperti sarang atau telurnya. Bahkan mengambil bulu yang ditemukan di alam liar pun bisa dianggap sebagai kejahatan.

Suku-suku yang diakui secara federal dapat mengajukan permohonan izin kepada Dinas Perikanan dan Margasatwa AS untuk mengambil elang botak atau emas untuk tujuan keagamaan, dan anggota suku yang terdaftar dapat mengajukan permohonan bulu elang dan bagian lainnya dari National Eagle Repository. Namun menurut Janssen dan dua peneliti elang independen, masih banyak permintaan yang harus dipenuhi.

Para peneliti mengatakan bahwa simpanan tersebut dapat mendorong masuknya pasar gelap untuk suku cadang elang. Permintaan bulu dari elang emas muda sangat tinggi, dan harus menunggu hingga lima tahun untuk menerimanya dari gudang, kata peneliti Bryan Bedrosian dari Teton Raptor Center di Wilson, Wyoming.

“Sayangnya, mereka telah menciptakan pasar ini” untuk bagian-bagian tubuh elang ilegal, katanya.

Mengatasi penundaan tersebut dapat membantu mengurangi perdagangan ilegal bagian tubuh elang, kata Rob Domenech, direktur eksekutif Raptor View Research Institute di Missoula, Montana.

Dia mengatakan daerah di mana burung-burung tersebut diduga ditembak memiliki konsentrasi elang dan burung pemangsa besar lainnya yang tertinggi di Amerika bagian Barat. Itu termasuk membiakkan elang dan elang serta burung lain yang bermigrasi dari utara ke musim dingin di kawasan Flathead.

“Pada dasarnya ini merupakan sumber keuntungan bagi burung pemangsa pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, yang akan menjadikannya matang untuk jenis kegiatan ini,” kata Domenech.

Pejabat Perikanan dan Margasatwa AS tidak segera menanggapi pertanyaan mengenai tumpukan permintaan izin dari suku-suku. Juru bicara Jaksa AS di Montana, Jesse Laslovich, yang kantornya mengadili kasus ini, menolak berkomentar selain isi dakwaan.

Elang botak hampir punah di Amerika pada abad lalu, sebagian besar disebabkan oleh pestisida DDT, namun berkembang biak di bawah perlindungan federal dan tidak termasuk dalam daftar spesies yang terancam punah pada tahun 2007. Populasi mereka meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Populasi elang emas kurang aman, dan para peneliti mengatakan penembakan, pengembangan energi, keracunan timbal, dan masalah lainnya telah mendorong spesies ini ke ambang penurunan.

Diperkirakan terdapat 346.000 elang botak di AS, dibandingkan sekitar 40.000 elang emas, yang membutuhkan wilayah yang jauh lebih luas untuk bertahan hidup dan lebih rentan mengalami masalah dengan manusia.

Pembunuhan elang ilegal yang meluas pada dekade terakhir membawa penyelidikan federal yang menghasilkan hukuman pidana terhadap 17 terdakwa dari beberapa negara bagian dan dua pegadaian di South Dakota. Dalam kasus tersebut, bagian-bagian burung yang diperiksa dibeli dan dijual melalui internet, termasuk di Iowa, Montana, Nebraska, South Dakota, dan Wyoming.

Awal tahun ini seorang pria Montana dijatuhi hukuman tiga tahun penjara setelah jaksa di South Dakota mengatakan dia menjual elang emas seharga beberapa ratus dolar per ekor.

Dakwaan dewan juri tidak tepat sepakan lalu menuduh Branson melakukan perjalanan dari negara bagian Washington ke Flathead Reservation untuk menembak elang.

“Ketika Branson tiba di Flathead Indian Reservation, Paul akan bertemu dan membantu membunuh, mengangkut, dan mengirimkan elang botak dan emas untuk dijual di masa depan di pasar gelap,” demikian isi dakwaan.

Paul dan Branson tidak ditahan dan dipanggil untuk hadir dalam dakwaan pada 8 Januari di Pengadilan Distrik AS di Missoula. Dokumen pengadilan tidak menyebutkan nama pengacara para pria tersebut, dan mereka tidak dapat segera dihubungi melalui nomor telepon yang tercantum untuk mereka. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home