Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:16 WIB | Selasa, 23 Mei 2023

Dua Veteran Cacat Perang Ukraina Berjalan Kaki Kumpulkan Dana untuk Rumah Sakit Militer

Dua Veteran Cacat Perang Ukraina Berjalan Kaki Kumpulkan Dana untuk Rumah Sakit Militer
Serhii Khrapko, seorang veteran perang Ukraina, berjalan di sepanjang jalan raya menuju Zhytomyr, untuk menemui temannya Oleksandr Shvetsov dalam perjalanan 120 kilometer (75 mil) guna mengumpulkan uang untuk peralatan medis untuk menghormati rekan mereka yang terluka dalam perang Rusia melawan tanah air mereka di Motyzhyn, Ukraina, pada Kamis, 18 Mei 2023. (Foto-foto: AP/Roman Hrytsyna)
Dua Veteran Cacat Perang Ukraina Berjalan Kaki Kumpulkan Dana untuk Rumah Sakit Militer
Veteran perang Ukraina dari tahun 2014, Serhii Khrapko, kanan, dan Oleksandr Shvetsov saling berpelukan saat mereka menyelesaikan perjalanan sejauh 120 kilometer (75 mil) untuk mengumpulkan uang bagi peralatan medis untuk menghormati rekan mereka yang terluka dalam perang Rusia melawan tanah air mereka, di Yuriv, wilayah Zhytomyr, Ukraina, pada hari Jumat, 19 Mei 2023.

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Tugas para veteran perang Ukraina sudah jelas: dari berbagai kota, Oleksandr Shevtsov dan Serhii Khrapko akan berjalan sejauh 120 kilometer (75 mil) dan bertemu di suatu tempat di tengah untuk menghormati rekan mereka yang terluka dalam perang melawan Rusia tanah air mereka.

Perjalanan mereka dibagikan di media sosial dan mereka mulai mengumpulkan sumbangan untuk mengumpulkan dana guna memasok peralatan medis ke rumah sakit militer utama Ukraina. Perjalanan mereka juga menjadi inspirasi bagi banyak orang di seluruh negeri: kedua pria itu terluka parah dalam perang besar terakhir Rusia dengan Ukraina pada tahun 2014 dan anggota tubuhnya harus diamputasi.

Tidak dapat berpartisipasi dalam perang saat ini, para pria menemukan cara lain untuk berkontribusi dalam pertempuran.

“Saya mendapat telepon dari saudara seperjuangan saya, Serhii Khrapko. Kami sudah saling kenal sejak lama. Dia berkata: 'Sania, rumah sakit kami membutuhkan bantuan,'" kata Shevtsov. Sania adalah nama panggilannya. “Ini benar-benar rumah sakit tersayang kami, yang menyelamatkan hidup kami. Itu menyelamatkan kaki kanan saya,” katanya.

“Beginilah cara kami dapat membantu saudara dan saudari seperjuangan kami, dan dalam beberapa hal negara kami. Karena negara kami benar-benar berperang sekarang. Kami semua berjuang dengan cara yang kami bisa.”

Khrapko, kehilangan satu lengan dan berlari dengan satu kaki palsu, meninggalkan Kiev pada 15 Mei pukul 15:05. Shevtsov, yang memiliki kaki palsu, memulai balapan dari Zhytomyr tiga jam sebelumnya. Lima hari kemudian mereka bertemu di jalan, setelah berjalan sejauh 165.156 langkah satu sama lain selama lima hari.

Mereka mengumpulkan 3,1 juta hryvnias (setara Rp 1,2 miliar), kurang dari 500.000 hryvnias (setara Rp 210 juta) yang dibutuhkan untuk membeli gastroskop baru untuk Pusat Klinik Medis Militer Nasional Ukraina.

Shevtsov, 38 tahun, dipanggil untuk dinas militer sembilan tahun lalu ketika separatis pro Rusia merebut gedung-gedung pemerintah di wilayah Donbas timur Ukraina dan memproklamirkan Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk, sebagai negara merdeka, memulai perang untuk wilayah tersebut.

Pada tanggal 4 Juli di tahun yang sama, dia terkena pecahan peluru dari serangan yang masuk di pinggiran Luhansk, yang menyebabkan kerusakan parah pada arteri utama.

Dokter di rumah sakit bekerja dengan panik untuk menghidupkan kembali aliran darah ke anggota tubuhnya. Terlepas dari upaya terbaik mereka, operasi tidak berhasil dan kaki kirinya diamputasi.

Dia dibebaskan, dengan satu kaki diselamatkan setelah enam bulan intervensi bedah. Tapi saat itulah pertempuran pribadi Shevtsov dimulai.

Dia tidak tahan memakai kaki palsu yang disediakan untuknya. Itu berdiri di kamar mandinya, di samping tempat tidurnya, untuk waktu yang lama, katanya. Apa yang akan dipikirkan orang lain? Dia piker, dia percaya teman-temannya akan mengasihani dia, dan dia tidak tahan dengan perasaan itu. Dia bahkan malu untuk keluar dan duduk di kursi rodanya di halaman, katanya, kalau-kalau ada yang melihat apa yang terjadi padanya.

Kemudian, dia dikirim ke Austria untuk mengikuti pelatihan rehabilitasi. Pengalaman mengubah dirinya. Dia melihat bagaimana orang-orang dari semua lapisan masyarakat, dari anak-anak hingga orang tua, berjalan dengan kaki palsu dengan percaya diri.

Dia berkata pada dirinya sendiri, "Saya tidak akan pernah duduk di kursi roda lagi."

Sebelum perang dimulai pada tahun 2014, Khrapko, 45 tahun, adalah seorang tukang kayu yang membuat furnitur untuk taman kanak-kanak. Pada awal perang dia dimobilisasi dan bertugas di Brigade Mekanik ke-30 tentara.

Pada Juli 2015, setahun setelah Shevtsov terluka, Khrapko terkena serangan mortir, juga di pinggiran Luhansk.

Luka-lukanya jauh lebih parah. Seluruh sisi kiri tubuh Khrapko terluka. Dia telah kehilangan lengan dan kakinya ketika dirawat di rumah sakit militer. Dia menjalani lebih dari 20 operasi.

Acara jalan-jalan itu adalah ide Khrapko; terpikir olehnya ketika seorang karyawan di rumah sakit memberi tahu mereka bahwa mereka sangat membutuhkan gastroskop. Jadi dia menelepon Shevtsov dan mengatakan kepadanya bahwa mereka perlu mengumpulkan, "beberapa juta" hryvnia.

"Berapa tepatnya, beberapa?" tanya temannya di ujung sana, menurut cerita Shevtsov. “Lebih dari tiga,” jawab temannya. “Anda akan berjalan kaki dari Zhytomyr dengan berjalan kaki, dan saya akan berjalan ke Kiev untuk menemui Anda. Begitulah cara kami mengumpulkan uang ini.”

Khrapko mengakui dia mungkin mendapatkan beberapa kapalan setelah perjalanan panjang. "Tapi itu bukan harga yang tinggi," katanya. "Ini setetes air di lautan dibandingkan dengan apa yang terjadi di (pertempuran di) timur." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home