Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:36 WIB | Minggu, 21 Mei 2023

Rusia: Barat Berisiko Besar Jika Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

Jet tempur F-16 Buatan Amerika Serikat. (Foto: dok. Ist)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Rusia menyebutkan bahwa negara-negara Barat akan menghadapi "risiko besar" jika mereka memasok Ukraina dengan jet tempur F-16, menurut laporan kantor berita Rusia, TASS, mengutip Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Alexander Grushko, mengatakan pada hari Sabtu (20/5).

Grushko menanggapi pertanyaan tentang implikasi penyediaan jet tempur dari Barat  yang diminta Ukraina, terutama dari negara-negara NATO.

Ukraina belum memenangkan komitmen untuk mengirimkan pesawat tempur, tetapi Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan kepada para pemimpin negara-negara maju dan demokratis, Kelompok Tujuh (G-7) pada hari Jumat (19/5) bahwa Washington mendukung program pelatihan sekutu bersama untuk pilot Ukraina di F-16, kata pejabat senior AS.

“Kami melihat negara-negara Barat masih mengikuti skenario eskalasi. Ini melibatkan risiko yang sangat besar untuk diri mereka sendiri,”  kata Grushko seperti dikutip TASS.

“Bagaimanapun, ini akan diperhitungkan dalam semua rencana kami, dan kami memiliki semua sarana yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah kami tetapkan.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home