Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:09 WIB | Selasa, 24 Februari 2015

Dubes RI untuk Brasil Ditarik Hingga Waktu Tak Ditentukan

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi menyampaikan penarikan Duta Besar (Dubes) RI untuk Brasil Toto Riyanto akan berlangsung hingga tenggat waktu yang belum ditentukan. Menurut dia, sikap tersebut diambil sebagai tanggapan keras Indonesia atas sikap Presiden Brasil Presiden Brasil Dilma Rousseff yang menolak surat kepercayaan Dubes RI.

"Sampai batas waktu yang tidak ditentukan," kata Retno usai mendampingi Toto menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/2).

Retno mengatakan sikap keras tersebut diambil Indonesia setelah mengetahui perlakuan Presiden Rousseff pada Toto di Brasil. Pemerintah Indonesia langsung memanggil Toto pulang ke Tanah Air untuk meminta penjelasan. Pemerintah Indonesia pun telah melayangkan nota protes pada pemerintah Brasil melalui duta besarnya di Indonesia.

"Jumat malam pukul 22.15 kita langsung ambil tiga langkah itu, kita sampaikan protes keras," ujar dia.

Toto Riyanto didampingi Menlu Retno menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka untuk memberi penjelasan mengenai perlakuan Presiden Rousseff. Meski demikian, Toto tak bersedia menjelaskan detail peristiwa yang dialaminya di Brasil.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat menyatakan sikap Presiden Rousseff tersebut merupakan tata krama yang tidak lazim.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home