Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:57 WIB | Sabtu, 01 Januari 2022

Dunia Menyambut Tahun Baru 2022 dalam Bayangan Pandemi COVID-19

Warga India mengenakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona, mengangkat angka dari guntingan kertas untuk menyambut tahun 2022 pada Malam Tahun Baru di Ahmedabad, India, Jumat, 31 Desember 2021. (Foto: AP/Ajit Solanki)

SATUHARAPAN.COM-Kesedihan untuk orang yang meninggal dan sakit, ketakutan akan lebih banyak infeksi yang akan datang, dan harapan untuk mengakhiri pandemi virus corona,  sekali lagi, bagikan koktail pahit yang dunia katakan dalam perpisahan dengan tahun 2021 dan menyambuttahun 2022.

Malam Tahun Baru, yang dulunya dirayakan secara global dengan orang-orang berjiwa bebas, malah ada rasa pahit dengan varian Omicron yang menyebar cepat, dan  kembali memenuhi rumah sakit dengan pasien.

Di rumah sakit La Timone di kota Marseille, Prnacis, Dr. Fouad Bouzana hanya bisa menghela nafas ketika ditanya apa yang akan terjadi pada 2022. “Mulai melelahkan,” katanya, “karena gelombang (pandemi) datang silih berganti.”

Perayaan Malam Tahun Baru yang sebagian besar diredam di seluruh dunia mengantarkan tahun kalender keempat yang dibingkai oleh pandemi global. Lebih dari 285 juta orang telah terinfeksi oleh virus corona di seluruh dunia sejak akhir 2019 dan lebih dari lima juta telah meninggal.

Di Paris, para pejabat membatalkan acara kembang api di tengah melonjaknya infeksi dan memperkenalkan kembali wajib mengenakan masker di luar ruangan, kewajiban yang diikuti oleh mayoritas orang yang berkeliaran di Champs-Elysées saat jam-jam terakhir tahun 2021 .

Di Berlin, polisi mendesak orang-orang untuk tidak berkumpul di dekat Gerbang Brandenburg, tempat konser diadakan tanpa penonton langsung. Di Madrid, pihak berwenang hanya mengizinkan 7.000 orang masuk ke alun-alun pusat kota Puerta del Sol, tempat yang secara tradisional menampung sekitar 20.000 orang yang bersuka ria.

Di Amerika Serikat, para pejabat mengambil pendekatan campuran untuk pesta pora akhir tahun: penonton di konser hitung mundur di Los Angeles, menjaga jarak kembali di New York namun melaju dengan kecepatan penuh di Las Vegas, di mana 300.000 orang diharapkan untuk pertunjukan kembang api di strip.

Presiden Joe Biden mencatat kerugian dan ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi tetapi mengatakan: “Kami bertahan. Kami sedang memulihkan diri.”

"Kembali bekerja. Kembali ke sekolah. Kembali ke kegembiraan,” kata Biden dalam sebuah video yang diposting di Twitter. “Begitulah cara kami melewati tahun ini. Dan bagaimana kita akan merangkul bersama yang berikutnya."

Di Rusia, Presiden Vladimir Putin berduka atas kematian, memuji Rusia atas kekuatan mereka di masa-masa sulit dan dengan tenang memperingatkan bahwa pandemi “belum surut.” Gugus tugas virus Rusia telah melaporkan 308.860 kematian COVID-19 tetapi badan statistik negaranya mengatakan jumlah kematian lebih dari dua kali lipat.

“Saya ingin menyampaikan kata-kata dukungan yang tulus kepada semua orang yang kehilangan orang yang mereka sayangi,” kata Putin dalam pidato yang disiarkan televisi tepat sebelum tengah malam di masing-masing dari 11 zona waktu Rusia.

Di tempat lain, tempat yang banyak dipilih untuk perayaan Tahun Baru adalah tempat yang sama yang mereka kenal selama penguncian: rumah mereka. Seperti di Indonesia, orang-orang menyambut tahun baru 2022 dengan berkumpul bersama keluarga.

Paus Fransiskus juga membatalkan tradisi Malam Tahun Barunya mengunjungi palungan seukuran manusia yang didirikan di Lapangan Santo Petrus, sekali lagi untuk menghindari keramaian. Namun ia juga menyampaikan homili sambil berdiri dan membuka masker. “Rasa kehilangan telah tumbuh di dunia selama pandemi,” kata Fransiskus kepada umat beriman di Basilika Santo Petrus.

Prancis, Inggris, Portugal, dan Australia termasuk di antara negara-negara yang membuat rekor baru untuk infeksi COVID-19 ketika 2021 memberi jalan ke 2022. Namun, Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan harapan ketika ia memberikan pidato Tahun Baru terakhir dari masa jabatannya saat ini.

“Mungkin 2022 akan menjadi tahun kita keluar dari epidemi, saya ingin percaya bahwa bersama Anda, tahun di mana kita akan dapat melihat jalan keluar dari hari ini tanpa akhir,” kata Macron ketika dia mendesak mereka yang tidak divaksinasi untuk mendapatkan vaksin.

Sebanyak 232.200 kasus baru di Prancis yang belum pernah terjadi sebelumnya pada hari Jumat menandai hari ketiga berjalan di atas angka 200.000. Inggris berada di belakangnya, dengan 189.846 kasus baru, juga merupakan recor baru. Di London, para pejabat mengatakan sebanyak 1 dari 15 orang terinfeksi virus dalam sepekan sebelum Natal. Rawat inap pasien COVID-19 di Inggris naik 68% dalam pekan lalu, ke level tertinggi sejak Februari.

Namun perayaan Malam Tahun Baru yang riuh dimulai di ibu kota Serbia, Beograd, di mana, tidak seperti tempat lain di Eropa, pertemuan massal diizinkan meskipun ada kekhawatiran varian Omicron. Seorang ahli medis memperkirakan bahwa Serbia akan melihat ribuan infeksi COVID-19 baru setelah liburan.

Pada Expo 2020, pameran dunia yang luas di luar Dubai, turis berusia 26 tahun Lujain Orfi bersiap untuk berhati-hati terhadap angin pada Malam Tahun Baru — pertama kalinya dia berada di luar Arab Saudi, di mana dia tinggal di kota suci Madinah. "Jika Anda tidak merayakannya, hidup akan berlalu begitu saja," katanya. “Saya sehat dan menerima dua dosis (vaksin). Kami harus menikmatinya.”

Australia melanjutkan perayaannya meskipun melaporkan rekor 32.000 kasus baru. Ribuan kembang api menerangi langit di atas Harbour Bridge dan Opera House Sydney pada tengah malam. Namun kerumunan itu jauh lebih kecil daripada tahun-tahun sebelum pandemi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home