Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:35 WIB | Kamis, 30 September 2021

Ekuador: Perkelahian Antar Geng di Penjara, 116 Tewas

Tentara menjaga pintu masuk ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Litoral sehari setelah kerusuhan mematikan, di Guayaquil, Ekuador, Rabu, 29 September 2021. Pihak berwenang melaporkan setidaknya 116 orang tewas dan 80 terluka dalam kerusuhan pada hari Selasa. (Foto: AP/Angel DeJesus)

QUITO, SATUHARAPAN.COM-Perkelahian antar geng di sebuah penjara menewaskan sedikitnya 116 orang dan melukai 80 lainnya yang disebut pihak berwenang sebagai pembantaian penjara terburuk dalam sejarah Ekuador. Sedikitnya lima orang yang tewas dilaporkan dipenggal, kata para pejabat hari Rabu (29/9).

Presiden Ekuador, Guillermo, Lasso menetapkan keadaan darurat dalam sistem penjara Ekuador, yang memungkinkan pemerintah untuk mengerahkan polisi dan tentara ke lembaga pemasyarakatan di antara kekuatan lain. Pihak berwenang mengaitkan pertumpahan darah pada hari Selasa di penjara Litoral di kota pesisir Guayaquil dengan geng-geng yang terkait dengan kartel narkoba internasional yang berusaha menguasai penjara.

Lasso, yang terlihat sangat terpengaruh, mengatakan pada konferensi pers bahwa apa yang terjadi di penjara Guayaquil adalah "buruk dan menyedihkan" dan dia tidak dapat, untuk saat ini menjamin, bahwa pihak berwenang telah mendapatkan kembali kendali atas penjara tersebut.

“Sangat disesalkan bahwa penjara diubah menjadi wilayah untuk perselisihan kekuasaan oleh geng-geng kriminal,” katanya, seraya menambahkan bahwa dia akan bertindak dengan “ketegasan mutlak” untuk mendapatkan kembali kendali atas penjara Litoral dan mencegah kekerasan menyebar ke lembaga pemasyarakatan lainnya.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan puluhan mayat di Paviliun 9 dan 10 penjara dan pemandangan yang tampak seperti medan perang. Perkelahian itu dengan senjata api, pisau dan bom, kata para pejabat. Sebelumnya, komandan polisi daerah, Fausto Buenaño, mengatakan bahwa mayat ditemukan di pipa penjara.

Di luar kamar mayat penjara, kerabat narapidana menangis, dengan beberapa menggambarkan kepada wartawan kekejaman yang dengannya orang yang mereka cintai dibunuh, dipenggal dan dipotong-potong.

“Dalam sejarah negara ini, belum pernah ada insiden serupa atau mirip dengan yang ini,” kata Ledy Zúñiga, mantan presiden Dewan Rehabilitasi Nasional Ekuador.

Zúñiga, yang juga menteri kehakiman negara itu, mengatakan dia menyesal bahwa langkah-langkah tidak diambil untuk mencegah pembantaian lain menyusul kerusuhan penjara yang mematikan Februari lalu.

Sebelumnya, para pejabat mengatakan kekerasan meletus dari perselisihan antara geng penjara "Los Lobos" dan "Los Choneros".

Kolonel Mario Pazmiño, mantan direktur intelijen militer Ekuador, mengatakan pertempuran berdarah itu menunjukkan bahwa “kejahatan terorganisir transnasional telah menembus struktur” penjara Ekuador, menambahkan bahwa kartel Sinaloa dan Jalisco Generasi Baru Meksiko beroperasi melalui geng-geng lokal.

Mantan direktur biro penjara Ekuador, Fausto Cobo, mengatakan bahwa otoritas di dalam penjara menghadapi “ancaman dengan kekuatan yang sama atau lebih besar dari negara itu sendiri.” Dia mengatakan bahwa sementara pasukan keamanan harus memasuki penjara dengan perisai dan tidak bersenjata, mereka bertemu dengan narapidana dengan senjata kaliber tinggi.

Pada bulan Juli, presiden menetapkan keadaan darurat lain dalam sistem penjara Ekuador menyusul beberapa episode kekerasan yang mengakibatkan lebih dari 100 narapidana terbunuh. Kematian itu terjadi di berbagai penjara dan tidak di satu fasilitas seperti pembantaian hari Selasa.

Sebelumnya, hari paling berdarah terjadi pada Februari, ketika 79 napi tewas dalam kerusuhan serentak di tiga lapas. Pada bulan Juli, 22 tahanan lagi kehilangan nyawa mereka di penjara Litoral, sementara pada bulan September sebuah penjara diserang oleh drone tanpa meninggalkan korban jiwa. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home