Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:23 WIB | Kamis, 30 September 2021

Kim Jong Un Angkat Saudarinya Jadi Komisaris Urusan Negara

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dan saudara perempuannya, Kim Yo Jong, menghadiri pertemuan di dalam zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea, Korea Selatan, 27 April 2018. (File: dok. Reuters)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM-Adik perempuan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, yang berpengaruh telah diangkat ke badan pemerintah tertinggi negara itu, kantor berita resmi KCNA melaporkan hari Kamis (30/9).

Kim Yo Jong, penasihat kunci saudara laki-lakinya, dipromosikan ke posisi di Komisi Urusan Negara, di tengah serangkaian perubahan yang disetujui oleh Majelis Rakyat Tertinggi, parlemen yang hanya menjadi stempel karet.

Tidak kurang dari sembilan anggota komisi diberhentikan, termasuk salah satu wakil presidennya, Pak Pong Ju, dan diplomat Choe Son Hui, seorang perempuan senior yang langka dalam hierarki Korea Utara yang telah memainkan peran kunci dalam negosiasi dengan Amerika Serikat.

Surat kabar resmi Rodong Sinmun memuat potret delapan orang yang baru diangkat pada hari Kamis, Kim Yo Jong menonjol di antara mereka karena masa mudanya dan sebagai satu-satunya perempuan.

Dia sering terlihat dekat dengan saudara laki-lakinya, di mana dia bersama bersekolah di Swiss, termasuk di pertemuan puncaknya dengan presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump, dan pemimpin Korea Selatan, Moon Jae-in.

Peran politiknya yang sebenarnya telah lama menjadi bahan spekulasi, seperti juga kemungkinan bahwa dia suatu hari nanti akan menggantikan saudara laki-lakinya, sebuah transisi yang akan memberikan Korea Utara yang secara sosial konservatif menjadi perempuan pemimpin pertama.

Dia kadang-kadang membuat kecaman pedas terhadap Washington atau Seoul dalam pernyataan yang dibawa oleh media pemerintah, terutama menjelang Utara meledakkan kantor penghubung di sisi perbatasannya yang telah dibangun dan dibayar oleh Selatan.

Posisinya yang relatif yunior sebagai wakil direktur departemen Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa, dan memberikan deklarasi tersebut sebuah elemen ambiguitas, dan dalam beberapa kasus, dia secara khusus mengatakan dia berbicara dalam kapasitas pribadi.

Pangkat resminya telah naik dan turun dari waktu ke waktu, tetapi posisi barunya sejauh ini merupakan jabatan paling senior yang pernah dipegangnya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home