Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:07 WIB | Senin, 25 April 2022

Emmanuel Macron Terpilih Lagi sebagai Presiden Prancis

Reaksi pendukung setelah kemenangan Presiden Prancis dan kandidat partai La Republique en Marche (LREM) untuk pemilihan kembali Emmanuel Macron dalam pemilihan presiden Prancis, di Champ de Mars, di Paris, pada Minggu 24 April 2022. (Foto: AFP)

PARIS, SATUHAR4APAN.COM-Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengalahkan saingan dari sayap kanan, Marine Le Pen, pada hari Minggu (24/4) dalam pemilihan presiden Prancis. Kemenangannya dengan selisih yang aman, menurut proyeksi awal oleh lembaga survey. Ini mengamankan masa jabatan kedua untuk Macron.

Proyeksi pertama menunjukkan Macron mengamankan sekitar 57-58 persen suara. Perkiraan seperti itu biasanya akurat tetapi dapat disesuaikan, karena hasil resmi datang dari seluruh negeri.

Sorak-sorai kegembiraan meletus saat hasilnya muncul di layar raksasa di taman Champ de Mars di kaki menara Eiffel, tempat para pendukung Macron mengibarkan bendera Prancis dan Uni Eropa. Orang-orang saling berpelukan dan meneriakkan "Macron".

Sebaliknya, sekelompok pendukung Le Pen yang sedih meledak dalam ejekan dan siulan ketika mereka mendengar berita itu di aula resepsi yang luas di pinggiran kota Paris.

“Akan ada kesinambungan dalam kebijakan pemerintah karena presiden telah terpilih kembali. Tetapi kami juga telah mendengar pesan orang Prancis,” kata Menteri Kesehatan, Olivier Veran, kepada BFM TV.

Tantangan besar pertama adalah pemilihan parlemen yang sudah dekat, pada bulan Juni, dan partai-partai oposisi di kiri dan kanan akan segera memulai dorongan besar untuk mencoba memberikan suara di parlemen dan pemerintah yang menentang Macron.

Philippe Lagrue, 63 tahun, direktur teknis di sebuah teater di Paris, mengatakan pada hari sebelumnya bahwa dia telah memberikan suara untuk Macron, setelah memberikan suara untuk Jean-Luc Melenchon yang berhaluan keras di putaran pertama.

Dia mengatakan dia akan memilih Melenchon lagi dalam pemilihan legislatif: “Melenchon Perdana Menteri. Itu akan menyenangkan. Macron akan marah, tapi itulah intinya.”

Pro Eropa

Jajak pendapat oleh Ifop, Elabe, OpinionWay dan Ipsos memproyeksikan kemenangan 57,6-58,2 persen untuk Macron.

Kemenangan bagi Macron yang berhaluan tengah dan pro Uni Eropa akan dipuji oleh sekutunya sebagai penangguhan hukuman bagi politik arus utama yang telah diguncang dalam beberapa tahun terakhir oleh keluarnya Inggris dari Uni Eropa, pemilihan Donald Trump 2016, dan kebangkitan generasi baru, pemimpin nasionalis.

Macron akan bergabung dengan klub kecil, hanya dua presiden Prancis sebelumnya yang berhasil mengamankan masa jabatan kedua. Tetapi margin kemenangannya terlihat lebih ketat daripada ketika dia pertama kali mengalahkan Le Pen pada 2017, menggarisbawahi berapa banyak orang Prancis yang tidak terkesan dengan dia dan rekor domestiknya.

Kekecewaan itu tercermin dalam angka partisipasi, dengan lembaga jajak pendapat utama Prancis mengatakan tingkat abstain kemungkinan berada sekitar 28 persen, tertinggi sejak tahun 1969.

Dengan latar belakang invasi Rusia ke Ukraina dan sanksi Barat berikutnya yang telah memperburuk lonjakan harga bahan bakar, kampanye Le Pen berfokus pada meningkatnya biaya hidup sebagai titik lemah Macron.

Dia menjanjikan pemotongan tajam untuk pajak bahan bakar, pajak penjualan nol persen untuk barang-barang penting mulai dari pasta hingga popok, pembebasan pendapatan untuk pekerja muda dan sikap "Perancis pertama" pada pekerjaan dan kesejahteraan.

Sementara itu Macron menunjukkan sikapnya di masa lalu terhadap Vladimir Putin dari Rusia yang menunjukkan bahwa dia tidak dapat dipercaya di panggung dunia, sambil bersikeras bahwa dia masih menyimpan rencana untuk menarik Prancis keluar dari Uni Eropa, sesuatu yang dia bantah. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home